Panduan Promosi di TikTok, Bisnis Online jadi Mudah. Dijamin Berhasil!

Panduan Promosi di TikTok, Bisnis Online jadi Mudah. Dijamin Berhasil! – Dibanding yang lainnya, TikTok merupakan platform media sosial terbaru, yang mana kehadirannya di Indonesia baru 3 tahun. Meskipun demikian, TikTok mampu mencuri perhatian masyarakat, khususnya di kalangan anak muda untuk menuangkan imajinasi hingga mengekspresikan kreatifitas mereka dalam konten video hiburan yang berdurasi singkat. Tapi, siapa sangka jika platform media sosial tersebut kini juga menjadi wadah paling efektif dan efisien untuk mempromosikan bisnis online. Berikut adalah cara dan tips promosi bisnis online dari TikTok yang mudah bisa Anda ikuti. Pertama Download aplikasi Tiktok dan Simak panduannya disini.

promosi bisnis online dari TikTok

Menggunakan Hashtag yang Sesuai

Panduan Promosi di TikTok
Hashtag yang Sesuai

Panduan promosi bisnis online dari TikTok pertama adalah menggunakan hashtag atau tagar yang sesuai. Perlu diketahui, konten video di TikTok sangat bergantung pada hashtag yang digunakan. Dengan menggunakan hashtag yang tepat maka video yang diunggaha bisa dilihat oleh banyak pengguna TikTok lainnya. Artinya, penggunaan hashtag juga turut membantu memperluas menyebarkan konten pemasaran bisnis Anda.

Pastinya yang demikian akan meningkatkan penambahan angka followers. Tidak hanya itu, lewat hashtag ini pula Anda juga lebih mudah melihat dan menentukan kompetitormu. Adapun maksud dari hashtag yang tepat untuk promosi bisnis lewat TikTok adalah hashtag yang spesifik dan tidak terlalu populer. Dengan demikian, konten bisnis Anda akan mendapatkan spotlight.

Mengikuti Trend di TikTok dan Membuat Konten yang Seru

Panduan Promosi di TikTok
Mengikuti Trend Tiktok

Panduan Promosi di TikTok, Untuk mempromosikan sebuah bisnis atau produk, penting untuk selalu memantau trend apa yang saat ini lagi ramai dicoba pengguna. Perlu diketahui, sama seperti trend internet lainnya, trend penggunaan hashtag di TikTok pun turut berubah dengan sangat cepat. Makanya, Anda harus tetap up to date dengan semua perubahannya.

Baca Juga :   Daftar Akun TikTok Tentang Bisnis, Agar Waktu TikTok-an Makin Edukatif!

Sangat disarankan sekali agar Anda menjadikan setiap konten yang ada sebagai inspirasi untuk membuat sesuatu yang lebih kreatif dan relevan dengan trend tersebut. Silakan adaptasikan ciri dan karakteristik bisnis onlinemu dalam setiap konten yang dibuat, jangan hanya meniru. Sangat disarankan sekali agar Anda membuat versi atau bahkan trend terbaru yang khas dari bisnis online Anda.

Lewat konten yang menarik inilah maka akan ada banyak calon pelanggan baru yang berdatangan dan mengeklik tombol follow akun bisnis TikTok Anda.

Kolaborasi dengan Influencer TikTok

Panduan Promosi di TikTok
Kolaborasi dengan Influencer TikTok

Selain itu, penting pula bagi setiap pelaku bisnis untuk membangun hubungan baik dengan para influencer, terutama yang memiliki audience sesuai target market Anda. Ini merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda di TikTok. Namun demikan, Anda jua tidak boleh lup untuk terus bangun reputasi dengan konten – konten yang berkualitas.

Anda bisa mengajak influencer tersebut untuk share dan buat review produk atau bisnis Anda. Tapi, sebelum membuat pilihan Anda perlu melakukan analisis terlebih dulu. Tujuannya, untuk memastikan apa audience influencer yang dipilih benar – benar cocok dengan target market Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih influencer yang sudah lama menggunakan produk Anda.

Membuat Hashtag Challenge

Panduan Promosi di TikTok
Hashtag Challenge

Penting untuk diketahui, bahwa hashtag adalah salah satu fitur paling populer dari TikTok. Penggunaan hashtag bahkan sangat populer sekali digunakan untuk menebar konten sesuai tema, topik dan ketertarikan pengguna. Untuk mempromosikan bisnis online Anda pelru membuat hashtag challenge. Ini merupakan cara paling efektif dan efisien untuk menambahkan engagement dan brand awareness bisnis Anda.

Silakan buat hashtag yang catchy, relevan dengan bisnis online Anda dan mudah diingat. Tuangkan kreatifitasmu dan buat challenge seru serta mudah untuk diikuti oleh pengguna TikTok yang lain. Pengguna TikTok pastinya akan sangat antusias dalam mengikuti challenge dan mengupload hasil kreasinya. Tidak hanya mereview produk, Anda juga bisa mengajak influecer untuk mengikuti challenge agar follower Anda dan followersnya tertarik untuk mengikuti challenge tersebut.

Baca Juga :   9 bisnis Bisa bertahan & Untung karena COVID 19

Memposting Komentar dan Mengajak Penonton Berkomentar

Panduan Promosi di TikTok
Mengajak Penonton Berkomentar

Panduan Promosi di TikTok, Kehadiran dan aktifitas di TikTok pastinya akan sangat membantu bisnismu agar tetap hidup dan mudah dicari target market Anda. Media sosial TikTok sangat mendukung dengan yang namanya frequent user engagement. Semakin banyaknya interaksi yang Anda lakukan, maka akan semakin baik pula bagi akun dan citra bisnis online Anda. Salah satu caranya adalah dengan memposting komentar.

Silakan Anda bangun percakapan di kolom komentar dengan calon dan konsumenmu. TikTok akan mengurutkan komentar berdasarkan jumlah likenya. Makanya, pikirkan dengan baik komentar yang akan Anda lontarkan agar percakapan tetap menarik dan penuh makna. Selain itu, Anda juga perlu memposting komentar tersebut di video konsumen yang membahas bisnis online Anda.

Namun demikian, pastikan Anda sudah membuat komentar yang menarik dan sesuai dengan personal bisnis onlinemu.

Sering Memposting Video

Panduan Promosi di TikTok
Memposting Video

Panduan promosi bisnis online dari TikTok selanjutnya untuk meningkatkan penjualanmu adalah sering – sering membuat postingan. TikTok akan memberikan penghargaan bagi akun yang sering membuat konten di akunnya. Semakin banyaknya postingan di akun TikTok bisnismu dengan beragam topik dan hashtag, maka akan semakin luas pula penyebaran konten tersebut.

Agar Anda bisa lebih sering memposting konten di akun TikTok, Anda perlu menyiapkan setidaknya 2 konten setiap hari. Namun demikian, agar pembuatan kontennya jadi lebih mudah dan terkontrol, sebelum mulai memposting pastinya untuk terlebih dulu membuat editorial content plan secara terperinci dan sesuai dengan intensitas postingan yang diinginkan.

Menggunakan Efek Video yang Tersedia

Panduan Promosi di TikTok
Menggunakan Efek Video

Sama seperti platform media sosial lainnya, TikTok juga memiliki jutaan pengguna di dalamnya. Oleh karenanya diperlukan kreatifitas yang tinggi untuk menampilkan konten yang jauh lebih baik. Biar bisa membaur dengan pengguna TikTok lain, sangat disarankan sekali untuk membuat konten yang memanfaatkan efek dari TikTok.

Baca Juga :   Cara Jualan Online di TikTok, Wajib Dicoba

Perlu diketahui, pada platform TikTok ini ada banyak sekali efek yang bisa digunakan, Anda bisa mulai dengan mengeklik tab Effects dan mengecek berbagai macam kategorinya, seperti interactive, funny, trending, new, beauty, editing, animal, world dan masih banyak lagi.

Membuat Konten yang Menarik dan Memberikan Deskripsi yang Jelas

Panduan Promosi di TikTok
Membuat Konten yang Menarik

Seperti media sosial lainnya, Instagram, TikTok juga memiliki batasan durasi video maksimal 1 menitan. Durasi yang cukup terbatas ini pastinya membuat Anda perlu memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Jangan hanya membuat postingan video iklan saja, tetapi Anda juga perlu menyampaikan nilai – nilai tertentu di setiap konten yang dibuat agar menarik dan diminati oleh target market Anda.

Selain itu Anda juga perlu membuat deskripsi video yang jelas dan sesuai aturan SEO. Penting pula untuk menggunakan kata kunci yang relevan dan menggunakan kalimat yang ringkas, baik dan benar. Tujuannya, agar konten dan bisnis online Anda bisa ditemukan dengan mudah. Anda juga perlu memposting ulang video dari akun bisnismu di media sosial lain.

Jika bingung mencari ide bisnis mungkin ini bisa sebagai referensi anda untuk membuka usaha baru. ini dia 10 Ide Bisnis dengan Modal Rp 500 Ribu(Buka di tab peramban baru)

Demikianlah panduan promosi bisnis online dari TikTok yang mudah, dijamin berhasil! Semoga informasinya bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Panduan Promosi di TikTok, Bisnis Online jadi Mudah. Dijamin Berhasil!”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: