Olahraga selama Kehamilan Kurangi Risiko Penyakit Metabolik Anak

Share Keteman & Saudara


igogo.id – Berolahraga selama kehamilan dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit metabolik lainnya pada anak-anak. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang disusun oleh peneliti dari University of Virginia School of Medicine.

Melansir dari Healthshots, studi ini didasarkan pada percobaan terhadap tikus.

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga selama kehamilan dapat mencegah penularan penyakit metabolik dari orang tua yang obesitas baik ibu atau ayah ke anak.

Jika ini juga berefek pada manusia, maka studi akan berimplikasi besar dalam memastikan kesehatan anak-anak.

Baca Juga:
Aneh Banget, Anak SD di Jepang Dilarang Pakai Celana Dalam Saat Olahraga

Tetapi bagaimana olahraga selama kehamilan dapat bermanfaat bagi janin?

“Sebagian besar penyakit kronis yang kita bicarakan saat ini diketahui berasal dari janin. Artinya, kondisi kesehatan orang tua yang buruk sebelum dan selama kehamilan memiliki konsekuensi negatif pada anak, berpotensi melalui modifikasi kimiawi gen,” kata peneliti Zhen Yan, PhD, pakar olahraga terkemuka di University of Virginia School of Medicine.

Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)

“Kami terinspirasi oleh penelitian tikus kami sebelumnya yang mengimplikasikan bahwa latihan aerobik teratur untuk ibu obesitas sebelum dan selama kehamilan dapat melindungi anak dari awal diabetes. Dalam studi ini, kami mengajukan pertanyaan, bagaimana jika seorang ibu yang mengalami obesitas hanya berolahraga selama kehamilan dan bagaimana jika ayahnya mengalami obesitas? ,” imbuhnya.

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa olahraga selama kehamilan membantu menghasilkan bayi yang sehat, mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan persalinan prematur.

Tapi Yani ngin melihat apakah manfaatnya terus berlanjut sepanjang hidup anak-anak.

Baca Juga:
Jago Banget, Ini Potret Prilly Latuconsina saat Olahraga Pole Dance

Yan dan kolaboratornya mempelajari tikus lab dan keturunannya. Beberapa tikus dewasa diberi makan makanan tikus biasa sebelum dan selama kehamilan.

Baca Juga :   4 Tips Mendapatkan Uang dari Menulis, Memanfaatkan Waktu Luang Anda

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: