Meski Turun Temurun, Penyakit Demensia Dapat Dicegah Sedari Dini!

Share Keteman & Saudara


igogo.id – Seperti diabetes, beberapa jenis demensia bersifat turun temurun. Tetapi penelitian baru menunjukkan 40% kasusnya dapat dicegah atau ditunda dengan perubahan gaya hidup sederhana.

Dokter Thuva Amuthan dan Tim Beanland dari Alzheimer’s Society menjelaskan kepada The Sun tentang lima cara efektif mencegah demensia:

1. Bergerak

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah demensia. Misalnya, latihan aerobik dapat mengurangi risiko Alzheimer sebesar 45%.

Baca Juga:
6 Langkah Terapkan Gaya Hidup Frugal, Agar Pengeluaran Tak Sia-sia!

“Olahraga telah terbukti meningkatkan kemampuan fungsional pada penderita demensia dengan beberapa penelitian melaporkan peningkatan kinerja memori, tetapi studi lebih lanjut diperlukan,” kata Amuthan.

2. Tes pendengaran

Orang yang memiliki gangguan pendengaran sedang lima kali lebih mungkin untuk menderita demensia. Sebab, saat bagian ‘pendengaran’ di otak menjadi tidak aktif, akan mengakibatkan hilangnya jaringan dan perubahan struktur.

Ilustrasi demensia (Shutterstock)

3. Berhenti minum alkohol

Jangka panjang dari dampak seringnya minuman beralkohol adalah perubahan materi putih yang berfungsi mentransmisikan sinyal ke berbagai bagian di otak. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan demensia.

Baca Juga:
Hari Perempuan Internasional 2021, Intip Rekomendasi Gaya Hidup Lebih Sehat

Satu studi menemukan orang yang mengonsumsi lima atau lebih botol bir dalam sekali duduk, atau sebotol anggur, tiga kali lebih berisiko menderita demensia di usia 65 tahun.

Baca Juga :   Anak Cemas Karena Covid-19, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: