Manfaat Zinc untuk Tubuh yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Zinc untuk Tubuh yang Jarang Orang Tahu – Zinc merupakan sebuah nutrisi yang memainkan peran penting di dalam tubuh anda. Dikarenakan tubuh anda tidak akan pernah bisa memproduksi zinc secara alami, maka anda harus mendapatkannya dari makanan atau suplemen.

Dengan begitu, zinc dianggap sebagai jenis nutrisi esensial. Anda pun harus senantiasa mendapatkan asupannya secara seimbang dari hari ke hari. Hal ini karena zinc dibutuhkan untuk sejumlah proses di tubuh anda. Menurut NIH, beberapa proses tersebut meliputi:

  • Ekspresi gen
  • Reaksi enzimatik
  • Fungsi kekebalan tubuh
  • Sintesis protein
  • Sintesis DNA
  • Membantu proses penyembuhan luka
  • Mendukung perkembangan dan pertumbuhan badan

Untungnya, zinc bisa anda dapatkan dari berbagai macam jenis makanan sehari-hari. Bahkan beberapa makanan seperti sereal sarapan, snack bar, dan tepung roti seringkali diperkaya dengan zinc sintetis.

Anda juga tentunya bisa mendapatkan asupan harian zinc melalui suplemen. Dikarenakan perannya terhadap fungsi kekebalan tubuh, zinc juga seringkali ditambahkan ke beberapa obat seperti semprotan hidung, pelega tenggorokan, dan perawatan demam alami lainnya.

Peran Zinc Dalam Tubuh

Zinc merupakan mineral penting yang selalu tubuh anda gunakan dalam berbagai macam cara. Faktanya, zinc adalah jejak mineral yang paling banyak kedua setelah zat besi yang bisa ditemukan di dalam tubuh dan ada di setiap sel anda.

Mineral ini sangatlah dibutuhkan untuk aktivitas di lebih dari 300 enzim yang membantu terhadap metabolisme, pencernaan, fungsi saraf, dan berbagai macam proses lainnya. Terlebih lagi, sangat penting untuk perkembangan dan fungsi sel-sel imunitas anda.

Mineral ini bahkan berperan aktif terhadap kesehatan kulit, sintesis DNA, dan produksi protein dalam tubuh. Terlebih lagi, pertumbuhan badan seseorang sangatlah bergantung pada zinc karena perannya terhadap pertumbuhan dan pembelahan sel.

Manfaat Kesehatan

Manfaat Zinc untuk Tubuh , Dikarenakan sejumlah perannya terhadap tubuh anda, kekurangan zinc tentunya bisa mendatangkan berbagai macam gejala dan gangguan kesehatan. Begitupun sebaliknya, jika anda mampu memenuhi asupan zinc setiap saat, maka beberapa macam manfaat kesehatan ini siap anda petik.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Baca Juga :   8 Manfaat Jambu Batu dan Daunnya Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Zinc untuk Tubuh
Sistem Kekebalan Tubuh

 

Zinc akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anda tetap kuat. Dikarenakan mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi sel kekebalan dan pensinyalan sel, kekurangan zinc dapat menyebabkan respon imunitas yang lemah.

Jadi jangan heran jika suplemen zinc selalu digunakan untuk menstimulasi sel-sel imunitas tertentu dan mengurangi stres oksidatif.

Seperti contohnya, dalam sebuah ulasan terhadap 7 penelitian berbeda memperlihatkan bahwa 80-92 mg zinc per hari dapat mengurangi jangka waktu seseorang menderita demam hingga 33%.

Terlebih lagi, suplemen zinc bisa mengurangi resiko anda terkena infeksi dan meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh secara signifikan bagi orang yang lebih tua.

  1. Meningkatkan Proses Penyembuhan
Manfaat Zinc untuk Tubuh
Proses Penyembuhan

Mineral zinc juga biasa digunakan di rumah sakit untuk mengobati kulit terbakar, beberapa kondisi ulkus tertentu, serta luka kulit. Karena mineral ini memainkan peran penting terhadap sintesis kolagen, fungsi sistem kekebalan tubuh, dan respon peradangan, maka anda pun akan membutuhkannya untuk proses penyembuhan anda.

Faktanya, kulit anda memiliki jumlah yang relatif tinggi – sekitar 5% – dari kandungan zinc di tubuh anda. Jadi, kekurangan zinc akan membuat tubuh anda lebih lambat dalam menyembuhkan luka. Sebaliknya, jika anda mampu mendapatkan asupan zinc yang cukup baik dari makanan ataupun suplemen, maka luka anda pun akan lebih cepat sembuh secara alami.

  1. Mencegah Penyakit Terkait Usia
Manfaat Zinc untuk Tubuh
Penyakit Terkait Usia

Manfaat Zinc untuk Tubuh , Sejalan dengan berjalannya usia seseorang, maka mereka akan lebih rentan terkena berbagai macam penyakit, yang seringkali disebut sebagai penyakit terkait usia. Untungnya zinc dapat mengurangi resiko anda terkena berbagai macam jenis penyakit tersebut secara signifikan seperti pneumonia, infeksi dan degenerasi makula terkait usia (AMD).

Prosesnya cukup sederhana, yaitu mengatasi stres oksidasi dan meningkatkan respon kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel-T dan sel pembunuh kuman alami, sehingga membantu melindungi tubuh anda terhadap infeksi.

Baca Juga :   Tips Diet Terbaik untuk Penderita Diabetes

Para orang tua sendiri yang senantiasa mengkonsumsi suplemen zinc cenderung mendapatkan respon vaksin influensi secara lebih baik, mengurangi resiko pneumonia, dan meningkatkan performa mental mereka.

Tidak berhenti sampai di sana, dalam sebuah penelitian memperlihatkan bahwa asupan zinc sebanyak 45 mg per hari ternyata mampu mengurangi tingkat infeksi bagi orang yang lebih tua hingga hampir 66%.

  1. Membantu Mengatasi Jerawat
Manfaat Zinc untuk Tubuh
Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan penyakit kulit umum yang diperkirakan mempengaruhi hingga 9.4% populasi dunia. Jerawat sendiri dipicu oleh penyumbatan kelenjar penghasil minyak, bakteri dan peradangan.

Tetapi beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa pengobatan zinc baik secara oral (melalui makanan) atau topikal (obat luar) mampu mengatasi jerawat secara efektif dengan cara mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan bakteri P. Acne, dan menekan aktivitas kelenjar berminyak.

Sementara itu orang-orang yang memiliki jerawat cenderung memiliki kadar zinc yang rendah, sehingga mengkonsumsi suplemen zinc atau makanan yang mengandung zinc sangat disarankan untuk mengurangi gejala tersebut.

  1. Mengurangi Peradangan
Manfaat Zinc untuk Tubuh
Peradangan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa zinc mampu mengurangi stres oksidasi dan kadar protein peradangan tertentu di tubuh anda. Hal ini sangatlah menguntungkan bagi kesehatan tubuh anda karena stres oksidasi bisa menyebabkan peradangan kronis dan berkontribusi terhadap berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, dan penurunan mental.

Sumber Makanan Zinc

Banyak sekali sumber makanan nabati dan hewani yang kaya akan zinc alami, sehingga memudahkan banyak orang untuk mendapatkan asupannya yang cukup setiap saat.

Beberapa sumber terbaik zinc yang bisa anda dapatkan setiap saat diantaranya:

  • Kerang: tiram, kepiting, remis, dan lobster.
  • Daging: daging sapi dan daging kambing.
  • Unggas: daging ayam dan daging kalkun
  • Ikan: sarden, salmon, dll
  • Polong-polongan: buncis, lentil, kacang hitam, kacang merah, dll
  • Kacang dan Biji: biji labu, kacang mete, biji rami, dll
  • Produk Susu: Susu, yogurt, dan keju
  • Telur
  • Gandum utuh: oats quinoa, beras merah, dll
  • Sayuran tertentu: jamur, kale, kacang polong, asparagus, dan akar bit hijau
Baca Juga :   6 kelebihan Kentang Untuk Kesehatan Wajah Anda, Bikin Awet Muda!

Keracunan dan Dosis yang Disarankan

Manfaat Zinc untuk Tubuh , Kekurangan asupan zinc memang bisa memberikan anda berbagai macam gejala yang kurang menyenangkan, tetapi kelebihan asupan zinc pun bisa menjadi racun di tubuh anda sehingga menimbulkan efek samping dan komplikasi.

jangan lupa juga untuk mengetahui 8 Manfaat Jambu Batu dan Daunnya Untuk Kesehatan Tubuh(Buka di tab peramban baru)

Dan juga kelebihan zinc itu pun sering kali terjadi ketika anda tidak memperhatikan dosis suplemen yang harus diminum, atau mengkonsumsi kerang dalam jumlah yang besar. Beberapa gejalanya pun beragam, diantaranya:

  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare
  • Kram perut
  • Sakit kepala
  • Sistem kekebalan tubuh yang menurun
  • Turunnya kadar kolesterol baik HDL

Oleh karena itulah, penting sekali bagi anda untuk mampu menghindari asupan zinc terlalu banyak, kecuali disarankan oleh dokter anda untuk mengobati penyakit tertentu.

Adapun asupan harian yang disarankan oleh para ahli adalah sekitar 11 mg untuk pria dewasa dan 8 untuk wanita dewasa. Sementara wanita hamil harus mendapatkan 11 mg dan ibu menyusui sekitar 12 mg per harinya.

Selain itu, akan lebih disarankan bagi anda untuk mendapatkan asupan zinc dari makanan jika memang tidak membutuhkan kadar tinggi atau sedang tidak menjalani proses pengobatan dari penyakit tertentu.

Secara normal, tubuh anda pun hanya mampu mentoleransi asupan zinc hingga 40 mg per hari, jadi pastikan anda memperhatikan dosisnya baik itu melalui makanan, suplemen, atau pun gabungan dari keduanya.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: