7 Manfaat Kacang Almond Dalam Mendukung Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Kacang Almond Dalam Mendukung Kesehatan Tubuh – Beberapa tahun belakangan ini, kacang almond semakin banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama berkat salah satu produk coklat yang tersebar di pasaran. Selain rasanya yang enak dan teksturnya yang gurih, kacang almond termasuk ke dalam makanan yang sangat menyehatkan.

Di dalamnya, anda bisa menemukan beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh anda, seperti lemak sehat, antioksidan, vitamin, dan mineral. Kacang almond sendiri merupakan jenis biji yang bisa dimakan dan berasal dari Prunus dulcis, atau lebih dikenal dengan sebutan pohon almond.

Berasal dari negara Timur Tengah, almond pun seringkali digunakan sebagai bahan utama dari susu almond, minyak, mentega, terigu, atau paste yang disebut sebagai marzipan.

Menurut self.com, dari 1 ons (28 gram) kacang almond saja sudah mengandung beberapa nutrisi penting seperti:

  • Serat: 3,5 gram
  • Protein: 6 gram
  • Lemak: 14 gram (9 gram merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal)
  • Vitamin E: 37% AKG
  • Mangan: 32% AKG
  • Magnesium: 20% AKG
  • Sejumlah nutrisi lainnya seperti tembaga, vitamin B2 (riboflavin), dan fosfor.

Selain itu, anda pun bisa mendapatkan kalori sebanyak 161 dan karbohidrat yang bisa dicerna sebesar 2,5 gram.

Tetapi perlu diingat pula bahwa tubuh anda tidak akan mampu menyerap kalori sebanyak 10-15% karena sebagian lemaknya tidak dapat diakses oleh enzim pencernaan.

Selain itu, kacang almond juga sangatlah tinggi akan asam fitat, yaitu senyawa yang mengikat mineral tertentu dan mencegahnya agar tidak bisa dicerna oleh tubuh anda. Meskipun asam fitat dikenal sebagai antioksidan, tetapi tetap memiliki efek negatif terhadap tubuh, sehingga anda tidak bisa menyerap zat besi, zinc, dan kalsium secara maksimal. baca juga tentang 7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda yang patut anda ketahui

Namun, jika dibandingkan dengan manfaat kesehatan yang dimilikinya, maka kekurangan kacang almond tersebut tidaklah seberapa dan masih layak untuk anda konsumsi setiap saat.

Baca Juga :   Manfaat Zinc untuk Tubuh yang Jarang Orang Tahu

Adapun beberapa macam manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi kacang almond secara teratur sudah kami paparkan secara lengkap di bawah ini.

  1. Sumber Antioksidan
Manfaat Kacang Almond
Sumber Antioksidan

 

Jangan lupa bahwa kacang almond merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan tersebut akan membantu anda mencegah stres oksidasi, yang mana telah dikenal memiliki efek merusak terhadap molekul di dalam sel-sel anda, sehingga berkontribusi menciptakan peradangan, penuaan, dan penyakit seperti kanker.

Kadar antioksidan yang ampuh sangatlah terkonsentrasi di lapisan kulitnya yang berwarna coklat. Dengan begitu, almond yang telah dikupas bukanlah pilihan yang baik bagi anda jika tujuannya untuk memanfaatkan kadar antioksidan yang dimilikinya.

Jika anda mampu mendapatkan kadar antioksidan yang cukup, maka tubuh anda pun bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Seperti misalnya dalam sebuah percobaan klinis yang melibatkan sebanyak 60 pria perokok menemukan bahwa dengan mengkonsumsi kacang almond sebanyak 3 ons (84 gram) setiap hari, maka mampu mengurangi penanda biologis stres oksidasi sebanyak 23-34% hanya dalam kurun waktu 4 minggu saja.

  1. Tinggi Akan Vitamin E
Manfaat Kacang Almond
Tinggi Akan Vitamin E

Vitamin E termasuk ke dalam keluarga antioksidan yang larut dalam lemak. Antioksidan jenis ini cenderung terbentuk di dalam membran sel di tubuh dan menjaga sel-sel anda dari kerusakan oksidasi.

Almond sendiri merupakan sumber terbaik dari vitamin E diantara makanan-makanan lainnya, yaitu menyediakan sekitar 37% dari 1 ons-nya saja.

Bahkan banyak sekali penelitian yang telah mengaitkan antara asupan vitamin E kadar tinggi dengan berkurangnya resiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

  1. Membantu Mengontrol Gula Darah
Manfaat Kacang Almond
Mengontrol Gula Darah

Selain rendah akan kabohidrat, kacang-kacangan juga sangatlah tinggi akan lemak, protein, dan serat. Artinya, makanan ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi para penderita diabetes.

Baca Juga :   Tips Diet Terbaik untuk Penderita Diabetes

Manfaat kacang almond lainnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah kandungan magnesium yang dimilikinya. Magnesium sendiri merupakan jenis mineral yang terlibat di lebih dari 300 proses tubuh anda, termasuk kemampuannya dalam mengontrol kadar gula darah anda.

Asupan harian magnesium yang direkomendasikan saat ini adalah 310-420 mg per hari. Jadi, dengan mengkonsumsi 2 ons almond saja sudah bisa memberikan anda hampir setengah dari kebutuhan tersebut.

Menariknya, sekitar 25-38% orang-orang yang tengah menderita diabetes tipe-2 cenderung memiliki kadar magnesium yang rendah di dalam tubuhnya. Tentunya dengan menambahkan asupan jenis mineral yang satu ini bisa memberikan efek positif dalam mengurangi kadar darah dan fungsi insulin secara signifikan dalam tubuh anda.

Bahkan orang-orang yang tengah beresiko terkena diabetes tipe-2 selalu disarankan untuk mengkonsumsi suplemen magnesium. Ini mengindikasikan bahwa makanan yang kaya akan magnesium (seperti kacang almond) bisa membantu anda mencegah sindrom metabolik dan diabetes tipe-2 di saat yang bersamaan.

  1. Mengurangi Tekanan Darah
Manfaat Kacang Almond
Mengurangi Tekanan Darah

Selain kemampuannya dalam mengatur kadar gula darah, magnesium juga memiliki peran dalam mengurangi tekanan darah anda. Tekanan darah yang tinggi merupakan penyebab utama seseorang terkena serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Kekurangan magnesium telah dikaitkan secara erat dengan tekanan darah tinggi, tidak peduli apakah anda memiliki badan gemuk atau tidak.

Maka dari itulah, agar terhindar dari penyakit yang menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia tersebut, ada baiknya anda untuk selalu mendapatkan asupan magnesium yang cukup dari hari ke hari.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol
Manfaat Kacang Almond
Mengurangi Kadar Kolesterol

Tingginya kadar lipoprotein LDL dalam darah anda juga telah dikenal sebagai biang keladi dari penyakit jantung. Pola makan anda yang sembarangan tentunya bisa menjadi penyebab utama anda memiliki kadar kolesterol buruk yang tinggi tersebut.

Baca Juga :   Gejala Kanker Paru-paru dan Pengobatannya

Untuk mengatasinya, cobalah mengkonsumsi kacang almond setiap hari karena telah terbukti mampu mengurangi kadar LDL secara efektif.

Dalam sebuah penelitian selama 16 minggu yang melibatkan 65 orang dengan pradiabetes menemukan bahwa pola makan yang menyediakan 20% kalori dari almond cenderung mampu mengurangi kadar kolesterol jahat LDL rata-rata sebanyak 12,4 mg/dL.

  1. Mencegah LDL Menjadi Teroksidasi
Manfaat Kacang Almond
Menjadi Teroksidasi

Almond tidak hanya mampu mengurangi kadar LDL dalam darah anda, tetapi juga mencegah LDL tersebut menjadi teroksidasi, yang merupakan faktor kunci seseorang mengembangkan penyakit jantung.

Dalam sebuah tes tabung terhadap binatang, kulit almond yang kaya akan antioksidan polifenol ternyata menjadi alasan utamanya dalam mencegah oksidasi tersebut terjadi.

Efeknya tersebut tentunya bisa lebih kuat jika dikombinasikan dengan jenis antioksidan lainnya seperti vitamin E. Kabar baiknya, kacang almond pun sudah mengandung kadar vitamin E yang sangat memukau.

Dengan berhasil mengurangi kadar kolesterol LDL dan mencegahnya teroksidasi dari waktu ke waktu, maka akan membuat anda terhindar dari penyakit jantung yang mengerikan.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat Kacang Almond
Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang berusaha mengurangi berat badan, mengkonsumsi makanan sehat nan bergizi sudah menjadi sebuah keharusan. Salah satu yang harus anda pilih adalah jenis makanan yang rendah karbohidrat tetapi tinggi akan protein dan serat.

Hal ini karena protein dan serat telah terbukti mampu meningkatkan perasaan kenyang dan kepuasan, sehingga anda pun terhindar dari ngidam makanan dan makan berlebih.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kacang almond mengandung karbohidrat yang rendah, tetapi tinggi akan protein dan serat, menjadikan jenis kacang ini pilihan yang cocok sebagai camilan bagi para pelaku diet menurunkan berat badan.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: