Jangan Tertukar, Ini Bedanya Pertumbuhan Anak dengan Perkembangan

Share Keteman & Saudara


igogo.id – Di berbagai informasi seputar pola asuh anak, pentingnya pertumbuhan dan perkembangan buah hati selalu menjadi fokus bahasan, khususnya di 1.000 hari pertama kehidupan.

Tapi bunda tahu nggak sih pertumbuhan dan perkembangan anak itu dua hal yang berbeda loh!

Dokter Spesialis Anak Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci. M.Kes mengatakan anak tidak bisa hanya sekedar bertumbuh, tapi juga anak harus bisa berkembang.

“Tumbuh dan kembang adalah 2 kata yang terpisah, bertumbuh dan juga berkembang,” ujar dr. Miza dalam acara Tokopedia, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga:
Anak Ahok Dijodohkan dengan Felicia Mantan Pacar Kaesang: Bukan Tipe Saya

Menurut dr. Miza pertumbuhan anak itu artinya berfokus pada perkembangan fisik yang bertumbuh, seperti tinggi, berat, dan lingkar kepala anak.

“Perbedaannya adalah kalau bertumbuh itu, ada penambahan volume tubuh jadi dia bertambah tinggi, dia bertambah gemuk, dan bertambah berat,” jelas dr. Miza.

Pertumbuhan anak ini harus sangat diperhatikan khususnya sebelum anak berusia 2 tahun. Apabila pertumbuhan fisik sebelum 2 tahun tidak seperti anak normal pada umumnya, maka orangtua harus segera berkonsultasi ke dokter.

Pertumbuhan ini, biasanya diukur dari buku kesehatan ibu dan anak (KIA), yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Sebisa mungkin setiap bulan terpantau berat badan, tinggi badan dan lingkar kepalanya. Karena kalau misalnya itu terjadi apa-apa di bawah 2 tahun, kita koreksinya jauh lebih gampang, dibandingkan udah lewat dari 2 tahun,” paparnya.

Baca Juga:
Untuk Penumpang, Pesan Mendalam Anak di Punggung Driver Ojol Ini Bikin Haru

Sementara itu perkembangan anak, yakni mengacu pada berkembangnya skill atau kemampuan anak, dan sangat berhubungan dengan kognitif (daya tangkap dan berpikir) si anak.

Baca Juga :   78 Persen Pasien Covid-19 Kondisi Parah adalah Orang dengan Obesitas

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: