Cara Mengembalikan Barang di Shopee Tanpa Ribet!

Prosedur cara mengembalikan barang di Shopee menjadi salah satu alternatif penyelesaian yang bisa dilakukan apabila barang yang dipesan tidak sesuai dengan deskripsi dan gambar produk. Misalnya saja ada kecacatan pada produk, salah warna, ukuran, atau kerusakan lainnya. Dalam prosesnya, permohonan pengajuan retur barang bisa dikabulkan apabila telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat Pengembalian Barang dan Dana di Shopee

Tidak semua pengguna Shopee dapat menggunakan fitur pengajuan pengembalian barang dan dana. Hal ini dikarenakan ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Jadi, sebelum memutuskan untuk mengembalikan barang, pastikan agar paket yang diterima sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.

Di bawah ini merupakan beberapa syarat pengembalian barang dan dana di platform Shopee.

  • Produk yang diterima berada dalam keadaan rusak, cacat, atau tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Produk tidak sesuai dengan deskripsi yang ditampilkan.
  • Baik pembeli maupun penjual sudah sepakat untuk menjalankan prosedur pengajuan pengembalian barang dengan cara chat terlebih dahulu.
  • Belum klik Pesanan Terima.
  • Masa garansi yang diberikan oleh Shopee belum berakhir.

Bagaimanakah Cara Mengembalikan Barang di Shopee

Berikut ini merupakan beberapa tahapan retur barang di Shopee yang bisa Anda terapkan.

  1. Login ke Akun Shopee

Tahapan pertama yang harus dilakukan agar bisa meminta pengajuan pengembalian barang yang sudah dibeli ialah dengan melakukan login terlebih dulu ke akun Shopee Anda. Pada fase ini, Anda bisa menggunakan email dan password untuk login, atau bisa juga dengan nomor telepon, serta tautan akun facebook.

  1. Mengajukan Permohonan Pengembalian Barang

Apabila sudah berhasil masuk ke akun Shopee, maka pengajuan retur produk sudah bisa dilakukan dengan cara:

  • Buka menu Saya.
  • Pilih menu belanjaanku dan klik ‘Pesanan Diterima’.
  • Selanjutnya, tap opsi ‘Ajukan Pengembalian Barang/Dana’.
  1. Mengisi Alasan Pengembalian Barang

Harus ada alasan mengapa produk yang sudah diterima ingin dikembalikan kepada penjualnya. Nah, disini, Anda juga akan diminta untuk mengisikan alasan mengapa barang tersebut dikembalikan.

Baca Juga :   Kenapa Harus TikTok Bisnis? Cari Tahu Jawabannya Disini!

Tekan menu produk dan pilih ‘Alasan Pengembalian’. Jika sudah, tambahkan foto dan masukkan alamat email aktif milik Anda. Klik ‘Kirimkan’.

  1. Kemas Produk

Kemudian, kemas produk tadi dan tempelkan label pengembalian pada bagian depan paket tersebut.

  1. Kirim Paket

 Cara mengembalikan barang di Shopee berikutnya adalah mengirimkan paket yang sudah dikemas ulang tadi ke jasa kirim Pos Kilat Khusus atau ekspedisi  yang sudah disepakati.

  1. Tunggu Validasi dari Shopee

Langkah terakhir yang perlu dilakukan ialah menunggu proses validasi dari pihak Shopee selama kurang lebih 3 sampai 5 hari kerja. Perlu diingat apabila nomor resi tidak dimasukkan ke dalam mask, maka proses validasi akan dipastikan gagal.

Siapa yang Akan Menanggung Ongkir Pengembalian?

Apabila Anda membeli produk melalui Shopee Mall, maka ongkir pengembalian barang akan ditanggung sepenuhnya oleh Shopee dengan pengiriman via Pos Kilat Khusus. Umumnya, Shopee Mall akan melengkapi paketnya dengan label pengembalian barang Shopee yang bisa digunakan untuk melakukan pengajuan pengembalian produk.

Tapi, jika Anda memesan sebuah produk di luar Shopee Mall, maka biaya pengiriman pengembalian barang akan ditentukan sesuai dengan kesepakatan yang terjadi antara penjual dan pembeli.

Agar dapat mengajukan pengembalian produk, pembeli harus mengisikan sejumlah data pada formulir pengembalian barang Shopee yang disediakan. Pembeli juga harus berkomunikasi dengan pihak penjual guna mencapai sebuah kesepakatan. Namun, tetap tidak menemukan titik kesepakatan diantara keduanya, pihak Shopee sendiri yang akan turun tangan dan menyelesaikan persoalan tersebut.

Nah, setelah barang berhasil dikembalikan, Anda akan menerima uang sejumlah barang tadi melalui Shopeepay, apabila Anda membayar pesanan itu dengan transfer bank, indomaret, alfamart, atau virtual account.

Proses pengembalian dana shopee ini akan dilakukan ketika prosedur pengembalian barang telah selesai dilakukan, barang sudah diterima oleh pihak penjual, dan seller yang melakukan konfirmasi ke pihak Shopee.

Baca Juga :   Cara Memanfaatkan TikTok Untuk Promosi Bisnis yang Harus Dicoba

Walau tergolong mudah untuk dilakukan, prosedur cara mengembalikan barang di Shopee ini cukup menguras energi kita. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa ulang produk yang akan dibeli, berkonsultasi dengan seller, dan melihat testimoni yang ada. Sehingga kemungkinan adanya ‘kesalahan’ yang menyebabkan pembeli harus melakukan retur barang pun bisa diminimalisir.

Jika tidak ingin susah terkait masalah pengembalian barang mungkinsebaiknya bisa baca Cara Belanja COD di Shopee dengan Mudah Tanpa Perlu Transfer

Sekilas Tentang Shopee

Secara umum, Shopee merupakan salah satu ecommerce terbesar yang berpusat di Singapura. Di Indonesia sendiri, Shopee bukan hanya berperan sebagai ecommerce, tapi juga diklaim memiliki keunggulan dalam penjualan ataupun pembelian online yang belum dimiliki oleh ecommerce-ecommerce lainnya.

Sebut saja fitur gratis ongkir maksimal Rp 50 ribu dengan syarat belanja minimal tertentu. Disamping akan memberikan kemudahan, fitur seperti ini bisa meringankan beban pembeli ketika berbelanja.

Uniknya lagi, Shopee memberikan hak kepada para penggunanya untuk mengajukan pengembalian produk apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan apa yang disepakati sebelumnya. Ditambah lagi, aplikasi jual beli ini dilengkapi dengan banyak potongan harga dan promo menggiurkan yang sayang bila dilewatkan.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: