Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi – Gaya hidup yang semakin modern saat ini memaksa seseorang cenderung lebih berperilaku boros. Mereka juga tidak khawatir jika uangnya akan habis hari ini, karena bulan depan pasti akan mendapatkan uang lagi dari gajinya per bulan. Hal inilah yang menjadi seseorang kurang tertib dalam mengatur keuangannya sendiri. Gaji atau keuntungan yang jumlahnya cukup besar atau kecil tetap saja harus Anda kelola dengan baik.

Apabila Anda masih hidup sendiri, tentunya akan lebih mudah untuk mengatur keuangan sendiri, sebab Anda belum memikirkan biaya pendidikan anak dan kebutuhan lain untuk keluarga. Sebaiknya Anda perlu mengetahui bagaimana Cara Mengatur Keuangan Pribadi dari sekarang. Karena jika nanti setelah Anda berkeluarga, sudah pasti akan banyak pengeluaran yang wajib di anggarkan.

Mengatur Keuangan Pribadi Secara Cerdas

Oleh karena itu, cobalah mengatur strategi khusus untuk membuat anggaran keuangan pribadi Anda manjadi lebih sehat dan stabil. Strategi ini juga dapat berguna bagi Anda yang masih single ataupun sudah berumah tangga. Berikut ulasannya :

Mengetahui Kondisi Keuangan

Anda harus mengatahui bagaimana kondisi keuangan Anda sendiri. Apa saja kewajiban membayar tagihan tiap bulannya, berapa biaya hidup rata-rata per bulan. Bila Anda suka menabung, berapa uang hasil tabungan Anda. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Anda akan lebih mudah untuk mengatur keuangan pribadi Anda. jika anda mengetahui kondisi keuangan anda sendiri mungkin bisa untuk mengetahui Cara Mengatur Gaji 3 Juta Untuk Beli Mobil

Rajin Menabung

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
Rajin Menabung

 

Rumus keuangan yang sehat ialah memiliki banyak tabungan, anggaran tabungan ini juga harus besar dari yang lain, atau setidaknya 30% dari penghasilan Anda perbulan. Tabungan yang Anda kumpulkan akan sangat berguna suatu saat nanti untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga. Jangan lupa pisahkan antara rekening tabungan dan rekening sehari-hari.

Baca Juga :   10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha

Belajar Budgeting

Dalam ilmu manajemen, budgeting merupakan dasar mengatur keuangan yang sangat diperlukan untuk membedakan pendapatan, penghasilan dan keuntungan. Belajarlah budgeting untuk keuangan pribadi Anda terlebih dahulu. Pastikan selalu merencanakan anggaran untuk membeli barang yang memang benar-benar Anda butuhkan, bukan sekedar barang yang Anda inginkan saja.

Mencatat Pengeluaran

Tentu ada pengeluaran tiap hari yang telah Anda lakukan, terutama bagi Anda para karyawan atau mahasiswa. Seperti makan siang, membeli pulsa, membeli bensin, membeli jajan dan lain sebagainya. Sebaiknya catat seluruh transaksi yang telah Anda lakukan pada sebuah buku kecil.Hal ini berguna untuk mengetahui berapa jumlah pengeluaran Anda tiap harinya, hasilnya nanti bisa Anda gunakan untuk mengambil keputusan pengeluaran pada hari berikutnya.

Hindari Berhutang

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
Hindari Berhutang

Tentu berhutang membuat Anda tidak nyaman, baik itu berhutang pada pihak  perorangan maupun lembaga keuangan atau perusahaan pembiayaan. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan hutang, sebaiknya pikir dengan matang apakah pendapatan pribadi Anda akan mampu membayar cicilan hutang. Bila tidak mampu, sebaiknya jangan sampai Anda berhutang dan tidak perlu mengharapkan suatu barang dengan cara tersebut.

Investasi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
Investasi

Melakukan investasi juga sangat penting sebagai Cara Mengatur Keuangan Pribadi. Namun sebelum Anda melakukan investasi, sebaiknya perhatikan lembaga investasi tersebut apakah sudah resmi atau tidak. Jika investasinya memang tidak memberatkan, Anda bisa pilih program investasi tersebut. Investasi terbaik dan terpercaya sejak dahulu kala adalah investasi emas. Anda bisa membeli emas dengan harga yang rendah saat itu, kemudian Anda menjualnya pada saat harga emas tersebut tinggi.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: