Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Share Keteman & Saudara

Cara Mengatur Keuangan Keluarga – Ketika Anda sudah memasuki dunia pernikahan, Anda akan dihadapkan dengan kehidupan yang sebenarnya. Anda akan mulai dengan keluarga kecil yang ternyata tidak semuanya bisa berjalan dengan mudah. Ada banyak hal yang harus Anda pikirkan dengan matang, terutama masalah keuangan keluarga. Perubahan pola pikir Anda harus mulai Anda lakukan saat ini.

Berapa pun besar penghasilan Anda, nyatanya masih saja kekurangan uang di akhir bulan. Hal ini bukan mengenai seberapa besar penghasilan Anda, namun seberapa pandai Anda dalam mengatur keuangan keluarga. Mengatur keuangan tidak semudah apa yang dibayangkan, apalagi jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak. Namun semuanya itu tidak akan sulit jika Anda bisa mengelola uang Anda dengan cerdas. Berikut penjelasannya :

Memahami Segala Aspek Keuangan Keluarga

Langkah awal yang harus Anda lakukan dalam Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan baik adalah mengetahui seberapa banyak uang yang Anda miliki saat ini, mulai dari pendapatan Anda serta jumlah tagihan-tagihan yang harus dibayarkan baik itu tagihan listrik, telefon, belanja bulanan, biaya anak sekolah, biaya kesehatan, biaya perawatan kendaraan dan lain sebagainya.

Selain itu, ketahui juga berapa hutang kartu kredit, cicilan rumah, cicilan motor dan mobil Anda. Dengan Anda mengetahui semua ini, Anda akan bisa dengan mudah memperhitungkan kisaran pengeluaran yang harus Anda keluarkan.

Membuat Rencana Keuangan

Membuat Rencana Keuangan
Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Selanjutnya setelah Anda mengetahui seluruh sumber pengeluaran, cobalah membuat perencanaan keuangan. Atur semua uang yang Anda punya, kemana uang tersebut akan Anda gunakan, berapa yang akan Anda simpan. Pastikan rencana keuangan Anda bersifat realistis, jangan terlalu ideal hingga kebutuhan sendiri terlupakan. Jangan lupa masukkan dana untuk bersenang-senang sebagai bagian dari tujuan keuangan Anda.

Baca Juga :   Trik Cara Mudah Dapat Pinjam 10 juta KUR BRI - 2 Hari Cair

Menabung Bersama

Menabung sangat penting untuk Anda lakukan. Dengan Anda memiliki tabungan, maka Anda dan pasangan akan merasa nyaman karena keuangan lebih stabil. Saat menerima gaji, sisihkan sejumlah uang untuk di tabung, dengan begitu Anda akan selalu bisa menabung. Usahakan untuk tidak menggunakan tabungan ini sebelum Anda benar-benar membutuhkannya.

Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Keduanya memang terlihat sangat mirip, namun terkadang yang Anda inginkan saat itu bisa saja menjadi kebutuhan. Untuk itu, Anda harus mampu membedakan apa yang benar-benar Anda butuhkan dan apa yang Anda inginkan. Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat daftar kebutuhan dan keinginan.

Setiap kali Anda sudah memenuhi salah satunya, berilah tanda bahwa kebutuhan dan keinginan tersebut sudah tercapai. Pastikan memenuhi kebutuhan dahulu, setelah itu baru penuhi keinginan. Ingat jangan sampai berlebihan.

Menghindari Hutang

Membuat Rencana Keuangan
Menghindari Hutang

Sebisa mungkin, Anda harus menghindari hutang. Terkadang Anda menjadi terbiasa untuk berhutang tiap kali melakukan pinjaman. Kemudahan proses pengajuan serta pembayaran sering membuat Anda lupa diri dan menjadi konsumtif. Hal ini akan memperburuk dalam mengatur keuangan Anda. Meskipun demikian, seringkali berhutang juga sangat dibutuhkan, namun Anda juga harus bijak menggunakannya. Selain itu, yang jadi pertanyaan bagaimana Anda akan mengatur keuangan Anda sendiri. Jika memang sangat membutuhan kendaraan roda empat maka sebaiknya anda membaca 11 Cara Mengatur Keuangan Selama Masa Kredit Mobil

Menetapkan Target Keuangan

Anda harus memiliki cita-cita yang harus dicapai di masa depan. Misalnya saja Anda telah menetapkan bahwa dalam 10 tahun yang akan datang, harus bisa memiliki tabungan sebesar 100 juta. Dengan demikian, Anda akan bisa lebih fokus lagi dalam mengatur keuangan keluarga dan meminimalisir segala pemborosan.

Baca Juga :   Anjlok Rp 10.000, Harga Emas Antam Hari Ini Rp 925.000 per Gram

Mulai Berinvestasi

Salah satu cara Cara Mengatur Keuangan Keluarga adalah dengan berinvestasi. Pikirkan masa depan keluarga Anda dengan mulai merencanakan untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Saat ini ada banyak cara berinvestasi, mulai dari membeli saham, membeli emas, membeli properti dan lain sebagainya. Pastikan mencari produk investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda, namun tetap menguntungkan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: