Cara Mengatasi Kredit Mobil Macet

Cara Mengatasi Kredit Mobil Macet – Fasilitas kredit dari suatu bank atau lembaga pembiayaan untuk pembelian sebuah mobil memang sudah digunakan oleh banyak orang. Namun bagaimana dengan kondisi keuangan mereka ketika proses berjalannya kredit mobil? Awalnya memang sangat yakin melakukannya, tetapi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang kita pun tidak akan tahu, bisa saja sebelum kita menyelesaikan kredit itu terjadi masalah atau musibah yang membuat kondisi keuangan kita tidak stabil, misalnya saja ketika kita kehilangan pekerjaan, atau ketika mengalami sakit parah hingga harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Dengan kondisi tersebut, jangankan melunasi sisa cicilan kredit mobil Anda, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari pun pasti Anda akan merasa kesulitan. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Di bawah ini ada beberapa solusi Cara Mengatasi Kredit Mobil Macet yang dapat membantu Anda di dalam menghadapi masalah pelunasan cicilan kredit mobil

Restrukturisasi

Restrukturisasi ialah menyusun kembali sistem kredit yang dipilih sebelumnya. Anda dapat menyusun kembali perubahan sistem kredit mulai dari jangka waktu pembayaran hingga suku bunga yang berlaku. Program ini sangat memungkinkan konsumen untuk bisa menurunkan suku bunga. Selain itu, konsumen juga dapat meminta kepada kreditor untuk memperpanjang jangka waktu kredit mobil tersebut. Hal ini bisa Anda lakukan untuk mengurangi total cicilan yang Anda bayarkan per bulan. Namun perlu Anda perhatikan, sistem ini dilakukan hanya jika Anda benar-benar sedang mengalami masalah keuangan yang serius hingga Anda tidak mampu lagi untuk membayarkan bunga kredit dan wajib pokok.

Sebagai seorang konsumen, Anda harus bersikap kooperatif dalam menjalankan semua sistem yang sudah diperbarui. Oleh karena itu, berilah penjelasan secara rinci mengenai masalah keuangan yang sedang Anda hadapi sehingga pihak bank dapat mencarikan solusi yang terbaik untuk Anda. Sebaiknya sebelum membeli mobil anda bisa baca Cara Mengatur Gaji 3 Juta Untuk Beli Mobil.

Baca Juga :   10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha

Refinancing

Kredit Mobil Macet, Apabila permohonan di atas tidak efektif bagi Anda karena tidak sesuai dengan keadaan keuangan Anda saat ini, Anda bisa melakukan pengajuan refinancing atau pembuatan kredit baru. Hal ini berbeda dengan restrukturisasi, sistem refinancing memang benar-benar membuat kredit baru mulai dari awal lagi. Cicilan perbulan Anda akan diperhitungkan kembali agar bisa lebih ringan. Bahkan sistem ini memberikan dana kepada Anda senilai 80% dari harga mobil. Dana tersebut bisa Anda pakai untuk memperbaiki masalah keuangan yang Anda alami dengan memulai usaha baru.

Cara ini memang terlihat sederhana, namun juga ada kekurangannya. Suku bunga yang akan dibebankan kepada Anda bisa saja menjadi lebih besar. Selain itu, Anda juga akan kenakan biaya administrasi terkait pengurusan pengajuan refinancing tersebut. Kekurangan yang lain adalah ketika Anda tidak teratur dalam membayar cicilan, jika Anda telat membayar cicilan, maka Anda akan dikenakan denda dua kali lipat dari dendi kredit baru dan kredit lama.

Over Kredit

Mungkin Anda sudah banyak mengetahui tentang sistem over kredit. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengatasi masalah keuangan yang Anda hadapi dimana Anda bisa memperoleh keuntungan dari menjual mobil dalam keadaan mobil tersebut masih dicicil. Namun Cara Mengatasi Kredit Mobil Macet yang satu ini juga bisa dibilang kurang efektif karena mobil yang akan di Over Kredit pastinya akan di hargai dengan harga yang lebih murah.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: