Cara Memanfaatkan TikTok Untuk Promosi Bisnis yang Harus Dicoba

Banyak cara untuk mempromosikan dan mengenalkan bisnismu di khalayak luas yang bisa dicoba. Namun salah satu cara paling efektif dan efisien adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang saat ini lagi digandrungi oleh banyak orang, TikTok. Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami bagikan cara memanfaatkan TikTok untuk promosi bisnis yang mudah dan praktis. Penasaran? Simak langkah – langkah selengkapnya di bawah ini.

Cara Memanfaatkan TikTok Untuk Promosi Bisnis yang Harus Dicoba

Untuk menjadi pebisnis pemula yang sukses memang bukan perkara mudah, membutuhkan banyak usaha dan kerja keras. Begitu pun dalam urusan promosi bisnis. Apabila Anda ingin sukses dalam menjalankan bisnis ini, Anda harus banget tahu cara memanfaatkan TikTok untuk promosi bisnis.

Meskipun kelihatannya sederhana, tetapi mempromosikan bisnis Anda untuk pertama kali pastinya membutuhkan cara dan strategi khusus. Alasannya, belum banyak orang yang tahu dan kenal dengan brand bisnismu. Jadi, sulit rasanya untuk membuat orang percaya jika produk atau jasa yang Anda tawarkan bagus sehingga wajib banget dibeli.

Agar lebih mudah, simak panduan cara memanfaatkan TikTok berikut ini untuk mempromosikan bisnismu.

Pelajari Platformnya

Cara Memanfaatkan TikTok
Mempelajari Tiktok itu sendiri

Sebagai langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mempromosikan bisnismu lewat aplikasi TikTok adalah mempelajari dengan baik platformnya. Caranya, dengan ikut bergabung dengan platform media sosial. Sayangnya, Anda belum mengetahui apa yang harus Anda lakukan. Nah, untuk menghindari hal – hal yang seperti ini Anda perlu mempelajari terlebih dulu platform media sosial yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnismu, TikTok.

Selain itu, Anda juga pelru mempelajari jenis kontan apa saja yang ada pada TikTok, dan bagaimana cara yang baik dan benar agar Anda bisa berinteraksi dengan orang lain di platform tersebut. Dengan begitu bisnis Anda pun bisa masuk ke dalamnya secara natural.

Baca Juga :   Kenapa Harus TikTok Bisnis? Cari Tahu Jawabannya Disini!

Penting untuk diketahui, bahwa TikTok adalah tentang konten – konten yang menyenangkan dan menarik secara visual. Apabila Anda melihat halaman yang lagi trend di TikTok, Anda pastinya akan menemukan ada banyak sekali video – video konyol yang di setel ke lagu – lagu hits.

TikTok sendiri sebenarnya merupakan aplikasi media sosial terbaik yang memang bukan tempat khusus untuk penjualan serius. TikTok kerap kali digunakan terutama oleh orang – orang yang berusia antara 16 – 24 tahun. Oleh karenanya, pada saat Anda memutuskan untuk berpromosi lewat aplikasi ini sebagai langkah pertamanya Anda harus terhubung dengan orang – orang yang juga menggunakan aplikasi tersebut dengan cara yang kreatif. Dengan demikian Anda pun akan lebih mudah menemukan kesuksesan di platform TikTok.

Membuat Konten – Konten yang Menyenangkan

Jika Anda sudah tahu bahwa TikTok merupakan platform khusus mengenai kesenangan dan kreatifitas, kini saatnya untuk membuat konten sendiri yang lebih menarik, menyenangkan dan kreatif. Ya, membuat konten Anda sendiri di platform TikTok merupakan salah satu cara paling mudah dan murah untuk mempromosikan dan mengenalkan bisnismu.

Tidak hanya itu, salah satu manfaat terbesar dari penggunaan aplikasi TikTok ini adalah Anda tidak perlu repot – repot membuat video dengan modal kamera dan lainnya, melainkan Anda hanya cukup menggunakan gadget atau smartphone yang Anda miliki.

Uniknya, bahkan meski video yang dibuat aneh banget ternyata yang demikian justru semakin mudah membuat video tersebut populer di TikTok. Tapi meskipun demikian Anda tidak disarankan untuk membuat meme yang keterlaluan jika itu memang bukan gaya bisnis Anda.

Meluncurkan Tantangan Hashtag

Cara Memanfaatkan TikTok
Tantangan Hashtag

Adapun cara memanfaatkan TikTok untuk promosi bisnis yang selanjutnya adalah dengan meluncurkan tantangan hashtag, atau yang juga disebut dengan tagar. Maksud dari tantangan tagar di sini, yakni pada saat Anda mendorong pengguna TikTok untuk ikut serta membuat atau pun mengupload ulang konten, dan menambahkan tagar bermerek Anda ke dalamnya.

Baca Juga :   10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha

Dengan membuat tantangan tagar atau hastag ini pastinya tidak hanya menyenangkan bagi bisnis Anda sendiri, tetapi juga turut mendorong interaksi dan keterlibatkan pengguna TikTok yang lain. Pastinya yang demikian akan sangat menguntungkan sekali bagi bisnis Anda.

Bekerjasama dengan Influencer TikTok

Tidak sama seperti media sosial lain, influencer spesifik TikTok memang masih belum banyak, tetapi mereka bisa bekerjasama dengan Anda untuk memperluas jaringan maupun jangkauan pada platform tersebut.

Perlu diketahui, bahwa generasi Z di masa sekarang biasanya lebih menentang mengenai apapun yang tampak seperti iklan tradisional. Oleh karenanya Anda bisa bekerja dengan influencer TikTok yang benar – benar bisa membantu membuat koneksi, dengan generasi pengguna tersebut. Cara untuk mendapatkan hasil dari pemasaran influencer lewat aplikasi TikTok ini mudah sekali, yakni dengan memastikan audiens influencer cocok dengan audiens target Anda.

Memanfaatkan Iklan TikTok

Cara Memanfaatkan TikTok
Memanfaatkan Iklan TikTok

Adapun cara lain memanfaatkan TikTok untuk mempromosikan bisnis Anda adalah dengan memanfaatkan iklan di platform tersebut. Perlu diketahui, bahwa TikTok baru – baru ini memperkenalkan iklan ke platform mereka. TikTok tawarkan setidaknya ada 4 jenis iklan, diantaranya sebagai berikut.

  • Konten asli infeed, ini merupakan jenis iklan yang hampir mirip seperti iklan cerita Snapchat, atau pun Instagram. Iklan di TikTok tersebut mendukung banyak fitur, seperti klik situs website atau downloadan aplikasi.
  • Pengambilan merk atau brand, ini adalah fitur yang memungkinkan sebuah merk atau brand mengambil alih TikTok. Melalui fitur tersebut Anda bisa dengan mudahnya membuat gambar, GIF atau pun video dengan tautan yang tertanam di laman landas, atau pun tantangan hashtag.
  • Tantangan hashtag, alih – alih coba buat hashtag atau tagar jadi viral sendiri, Anda juga bisa menggunakan hashtag yang dipromosikan untuk mendapat lebih banyak keterlibatan.
  • Lensa bermerk, ada beberapa contoh lensa bermerk, diantaranya sepertu lensa Snapchat 2D dan lensa Snapchat 3D untuk wajah dan foto.
Baca Juga :   Tips Memilih Bank Untuk KPR

Sama seperti platform atau aplikasi media sosial lainnya, iklan di TikTok juga bisa membantu Anda menjangkau banyak pengguna di platform tersebut. Tidak hanya itu, TikTok bahkan menawarkan penargetan yang tepat. Dengan demikian Anda bisa memastikan iklan menjangkau pengguna yang tepat yang akan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. selengkapnya Panduan Promosi di TikTok, Bisnis Online jadi Mudah. Dijamin Berhasil!

Beritahu Orang – Orang Terdekat

Terlepas dari hal tersebut, ada strategi promosi bisnis paling jitu lainnya yang tidak kalah menariknya untuk dicoba, yakni memberitahu orang – orang terdekat. Silakan Anda beritahu mengenai bisnis Anda ke orang – orang terdekat terlebih dulu, seperti keluarga, kerabat, teman atau pun yang lainnya.

Hal ini bisa Anda sampaikan secara langsung atau lewat berbagai grup dan media sosial. Yakinkan mereka bahwasannya produk atau jasa Anda memiliki kualitas yang lebih bagus sehingga mereka lebih tertarik dan mau membeli. Seperti yang diketahui, biasanya pembelian akan lebih mudah datang dari orang – orang yang Anda kenal, karena mereka biasanya memiliki tingkat kepercayaan lebih tinggi.

Demikianlah cara memanfaatkan TikTok untuk promosi bisnis yang harus dicoba. Semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: