Cara Jualan Online di TikTok, Wajib Dicoba

Seperti yang diketahui, saat ini dunia digital sudah semakin maju dan setiap orang memiliki akses yang mudah terhadap internet. Oleh karenanya, berjualan secara online di TikTok adalah sebuah pilihan menarik. Kenapa berjualan? Kenapa secara online di TikTok? Pertama, jualan di TikTok adalah hal paling sederhana, mudah dan gratis yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Jalur online sendiri dipilih untuk memudahkan pemasaran tanpa kendala kepemilikan tempat bisnis atau pun sempitnya peluang sukses. Berikut adalah cara jualan online di TikTok yang harus banget Anda tahu dan coba. Dijamin, banjir orderan!

Cara Jualan Online di TikTok yang Wajib Dicoba

Tidak sama seperti media sosial lain, TikTok merupakan sebuah platform media sosial terbaik yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video unik dan kreatif dengan cara memberikan special effects. Pengguna TikTok bisa dengan mudahnya menghasilkan sebuah video yang keren – keren untuk kemudian dipamerkan ke teman – teman atau pengguna TikTok yang lain.

Pengguna TikTok bahkan tidak hnya bisa membuat video, tetapi secara pasif juga bisa menelusuri hasil video TikTok dari pengguna lain lewat fitur feed. Artinya, pengguna TikTok bisa menonton konten pengguna TikTok lain tanpa harus ikut berkontribusi membuat video.

Meski kehadirannya terbilang baru, pertumbuhan platform media sosial satu ini begitu pesat. Bahkan sekarang sudah ada banyak sekali creator TikTok menjadi sangat populer dan menarik perhatikan orang banyak. Reemar adalah salah satu pengguna TikTok yang menjadi populer. Reemer sendiri merupakan salah satu pengguna TikTok Indonesia yang populer di kalangan remaja.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut ini adalah cara jualan online di TikTok yang wajib Anda tahu biar banjir orderan.

Menyiapkan Produk Berkualitas dan Memiliki Daya Saing

Cara Jualan Online di TikTok
Produk Berkualitas

Pada dasarnya jualan lewat platform media sosial TikTok tidak akan terlepas dari produk sebagai hal utamanya. Memiliki produk dengan kualitas baik, unik atau khas dari daerah sekitar misalnya merupakan sebuah keuntungan. Lewat produk khas daerah atau produk unik inilah biasanya keberadaannya akan lebih mudah dijumpai di sekitar Anda dan memiliki harga lebih bersaing.

Baca Juga :   9 bisnis Bisa bertahan & Untung karena COVID 19

Alasannya, ada banyak produsen yang memproduksi barang – barang tersebut. Tetapi penting untuk selalu diingat, Anda perlu menjual barang – barang yang berkualitas baik. Tujuannya, agar calon konsumen Anda tidak merasa kecewa dan memiliki keinginan lebih besar lagi untuk melakukan pembelian atau pemesanan kembali.

Menyediakan Definisi Produk dan Gambar yang Baik

Membeli via online, artinya seorang konsumen tidak melihat secara langsung barang yang dibeli. Biasanya, gambaran sebuah produk hanya didapatkan dari definisi barang atau foto yang dicantumkan pada iklan. Nah, agar konsumen Anda mendapatkan barang sesuai ekspektasi mereka, ada baiknya Anda memberikan deskripsi barang yang baik, lengkap dan jangan lupa untuk mencantumkan gambar asli dari barang tersebut.

Mulai Mendownload Aplikasi TikTok

Untuk cara jualan online di TikTok yang selanjutnya sudah pasti Anda harus terlebih dulu memiliki aplikasi tersebut. Oleh karenanya Anda perlu mendownload aplikasi TikTok pada ponsel. Setelah itu silakan lakukan proses pendaftaran akun dengan memasukkan profil Anda, email, nomor ponsel dan lain – lain. Dengan memiliki aplikasi TikTok, Anda bisa lebih mudah menjalankan bisnismu di mana pun dan kapan pun.

Membuat Akun Iklan TikTok

Apabila Anda belum memiliki akun iklan di TikTok, Anda bisa mulai mendaftar akun TikTok Ads terlebih dulu. Akun ini nanti akan dijadikan sebagai langkah awal untuk mengelola dan mengatur iklan Anda. Tak perlu khawatir, sebab untuk mulai mendaftar akun iklan TikTok mudah sekali, Anda hanya cukup mengisi secara detail informasi sesuai yang diminta untuk persyaratan daftar akun yang digunakan beriklan nanti. Setelah itu, lanjutkan ke langkah selanjutnya. pastikan anda juga tidak lupa membaca Panduan Promosi di TikTok, Bisnis Online jadi Mudah. Dijamin Berhasil!

Baca Juga :   Daftar Akun TikTok Tentang Bisnis, Agar Waktu TikTok-an Makin Edukatif!

Membuat TikTok Ad Campaign

Cara Jualan Online di TikTok
TikTok Ad Campaign

Pada dashboard iklan di TikTok Anda bisa mengeklik tab kampanye pada bagian atas halaman. Lalu lanjutkan dengan mengeklik tombol buat dan pilih tujuan kampanye, ini adalah tujuan utama Anda akan beriklan di TikTok. Ada 3 pilihan opsi yang bisa dipilih, yakni lalu lintas, konversi dan pemasangan aplikasi.

Cara mudah menetapkan anggaran di tingkat kampanye adalah dengan memilih opsi anggaran harian yang berada tepat di bawah pengaturan atau settings. Di sini Anda harus menyiapkan anggaran harian sebesar $500.

Setting Placement, Detail dan Target Iklan

Cara Jualan Online di TikTok – Perlu diketahui, salah satu kelebihan memasang iklan di TikTok Ads agar jualanmu laris manis adalah dengan Anda bisa menjalankan iklan tidak hanya disatu platform saja, tetapi dibeberapa platform yang bermitra dengan TikTok pastinya.

Salah satu cara udah meletakkan iklan di Tiktok adalah membuatnya secara otomatis dan nanti TikTok akan mengarahkan kemna sebaiknya iklan Anda tersebut dimunculkan pada platform terbaik. Pastinya yang demikian sangat cocok, terutama bagi Anda para pemula yang tidak tahu harus meletakkan iklan dimana dan tidak memiliki cukup waktu untuk mengatur placement iklan.

Untuk menjalankan iklan di TikTok Anda harus memasukkan semua detail tentang iklan bisnis Anda. Masukkan kata kunci sesuai target market, dengan demikian TikTok bisa membantu Anda untuk menemukan audiens yang tertarget untuk jenis iklan yang dibuat.

Mengontrol Pengeluaran Iklan, Durasi dan Tujuan

Cara Jualan Online di TikTok
Durasi dan Tujuan

cara jualan online di TikTok – Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, beriklan lewat aplikasi media sosial satu ini tidaklah murah. Misalnya, apabila Anda memiliki anggaran sekitar $500 per hari, maka Anda bisa membagi iklan tersebut pada beberapa bagian. Yang mana untuk setiap iklannya harus memiliki anggaran masing – masing $50. Namun demikian, di beberapa negara lain ada anggaran minimal sebesar $20.

Baca Juga :   Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Setelah itu, Anda juga tidak boleh sampai lupa untuk menentukan durasi tampilan iklan Anda akan berjalan. Anda bisa mengaturnya secara harian maupun mingguan. Anda bahkan harus mulai tentukan tujuan Anda memasang iklan di TikTok. Misalnya konversi, tayangan atau klik dan nanti TikTok akan memaksimalkan iklan bisnismu sesuai tujuan Anda.

Pada aplikasi TikTok Ads ini juga ada fitur smart optimization, ini merupakan fitur unggulan TikTok yang bisa digunakan untuk memaksimalkan iklan Anda. Apabila Anda memilih klik untuk tujuan iklanmu, maka disarankan untuk menon-aktifkan fitur ini. Alasannya, fitur tersebut bekerja untuk mengoptimalkan konversi secara terus menerus.

Mendesain Iklan Menggunakan Aplikasi TikTok

Banyak sekali pengguna TikTok yang membuat konten buatannya pada trend dan meme. Tak heran jika sebuah trend bisa berubah dengan sangat cepat. Apa yang minggu ini populer tidak akan selalu jadi populer di minggu depannya. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk mendesain iklan semenarik dan sekreatif mungkin. Misalnya dengan memanfaatkan fitur yang ada di TikTok. Tak perlu khawatir, sebab TikTok juga menyediakan banyak template video dan gambar yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, itu dia cara jualan online di TikTok yang wajib dicoba biar banjir orderan. Semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: