Bisnis Online di TikTok, Strategi Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan

Share Keteman & Saudara

Bisnis Online di TikTok – Ngomongin soal media sosial, saat ini sudah ada banyak sekali platform media sosial yang bisa Anda gunakan, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, LINE dan lain sebagainya. Menariknya, selain digunakan sebagai tempat untuk bersenang – senang dengan cara membagikan sebuah foto, video, atau membuat status, media sosial tersebut juga bisa banget dimanfaatkan sebagai tempat untuk memasarkan sebuah bisnis dengan cepat, praktis dan pastinya gratis.

Tapi tidak sedikit orang yang memanfaatkan aplikasi joget yang saat ini lagi trend, TikTok. Oleh karenanya melalui artikel berikut akan kami bagikan strategi marketing bisnis online di TikTok yang bisa banget membantu Anda meningkatkan penjualan. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini.

Strategi Marketing Bisnis Online di TikTok Untuk Tingkatkan Penjualan

Ya, TikTok akan memudahkan pelaku bisnis untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis, serta menjual produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dengan mengunggah berbagai video konten promosi yang unik dan menarik, maka bisnis dan produk Anda akan cepat viral dan mudah mendapatkan target market hingga akhirnya berujung kebanjiran orderan dari pengguna TikTok.

Apabila Anda saat ini memiliki bisnis dan kebetulan ingin memanfaatkan TikTok untuk memasarkan produk jualanmu, di bawah ini ada beberapa strategi marketing bisnis online di TikTok yang wajib banget Anda tahu dan praktekkan.

1. Menjadikan Akun Bisnis

Bisnis Online di TikTok
Menjadikan Akun Bisnis

Pertanyaannya, kenapa harus menjadikan akun TikTokmu sebagai akun bisnis? Alasannya sederhana sekali, yakni agar akun TikTok yang Anda miliki terlihat lebih profesional, oleh karenanya Anda wajib banget menggunakan akun bisnis di aplikasi TikTok. Untuk melakukannya mudah sekali, Anda hanya perlu mengikuti langkah – langkah berikut.

  • Pertama, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi TikTok. Jika belum Anda bisa download aplikasi TikTok di Google Play atau App Store.
  • Jika sudah, buka aplikasi TikTok dan lakukan pendaftaran jika belum memiliki akun. Nah, pada tahapan ini Anda harus mendaftarkan akun menggunakan data bisnis, mulai dari Email, nama akun sesuai nama brand atau toko dan lain – lain.
  • Jika sudah, alihkan ke akun bisnis dengan cara mengeklik opsi Saya dan klik tanda titik tiga yang ada di pojok paling atas.
  • Klik opsi Kelola Akun Saya.
  • Lanjutkan dengan mengeklik opsi Alihkan ke Akun Bisnis dan pilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.
  • Setelah itu Anda harus mengedit profil agar akun bisnis Anda terlihat lebih profesional, mulai dari memasang foto akun yang menarik dan mengisi bio dengan keterangan bisnis yang lengkap.
  • Terakhir, silakan Anda tambahkan link jualan di e-commerce jika ada.
Baca Juga :   Cara Menabung Untuk Membeli Rumah Lewat 5 Jurus Jitu

2. Membuat Konten yang Menarik dan Lagi Trending

Bisnis Online di TikTok
Konten yang Menarik

Memang sah – sah saja jika Anda mengunggah video dengan kualitas standar, sebab nanti akan ada saja yang menonton video tersebut. Tapi, kemungkinan besar pengguna TikTok kurang tertarik untuk melihat bisnis, apalagi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Oleh karenanya sangat penting sekali untuk membuat konten bisnis yang menarik dan kreatif.

Anda bisa memulainya secara bertahap, misalnya untuk konten pertama adalah konten untuk memperkenalkan bisnis. Lalu, konten kedua digunakan untuk memperkenalkan berbagai produk yang Anda jual, sistem penjualan, packaging dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa sisipkan foto terkait konten yang ada dalam video tersebut. Agar konten yang dibuat cepat trending, silakan pilih lagu, filter yang lagi hits di kalangan pengguna TikTok.

3. Memaksimalkan Penggunaan Fitur

Bisnis Online di TikTok
Penggunaan Fitur

Bisnis Online di TikTok – Tidak jauh berbeda dengan media sosial pada umumnya, TikTok juga memiliki beragam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda Sayangnya, kadang kalanya banyaknya fitur yang ditawarkan aplikasi TikTok justru membuat penggunanya jadi malas. Padahal dengan memaksimalkan penggunaan fitur tersebut bisa banget membuat konten video jadi lebih menarik perhatian target market Anda.

Adapun fitur di aplikasi TikTok yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda diantaranya seperti fitur timer, filter, beautify, voice changer function, tambahkan musik dan fitur sticjer dan effect.

4. Membuat Caption yang Menarik

Bisnis Online di TikTok
Caption yang Menarik

Kadang kalanya pengguna aplikasi media sosial akun bisnis sekalipun hanya posting konten saja tanpa dilengkapi dengan caption yang jelas dan menarik. Pastinya yang demikian tidak akan menggambarkan produk atau jasa yang Anda jual.

Baca Juga :   Tips Memilih Bank Untuk KPR

Jika tujuan utama Anda adalah mengenalkan bisnis dan produk sudah pasti Anda harus membuat caption yang jelas dan menarik. Misalnya, memberitahu nama produk, bahan pembuat, harga dan lain sebagainya. atau anda bisa baca Cara Memanfaatkan TikTok Untuk Promosi Bisnis yang Harus Dicoba

5. Menambahkan Hashtag atau Tagar

Bisnis Online di TikTok
Hashtag atau Tagar

Perlu diketahui, di media sosial penggunaan hashtag atau tagar memiliki pengaruh yang cukup besar. Alasannya, hashtag membuat konten promosi bisnis bisa lebih cepat dikenal oleh banyak orang. Oleh karenanya penting untuk menggunakan hashtag yang sesuai, atau terkait dengan konten yang Anda buat. Misalnya, jika konten yang akan diposting membahas tentang produk pakaian, maka hashtag yang bisa Anda gunakan adalah #bisnisbaju, #bajutiediye dan lain – lain.

Selain itu, Anda juga bisa tambahkan beberapa hashtag yang sedang trending agar konten video yang dibuat banyak yang melihat, seperti #foryoupage, #business dan masih banyak lagi.

6. Memposting Konten di Waktu yang Tepat

Bisnis Online di TikTok
Konten di Waktu yang Tepat

Meskipun kelihatannya sepele, tetapi pada kenyataannya sembarangan dalam memposting hanya membuat video yang dibuat jadi sia – sisa. Bahkan bisa saja video tersebut sama sekali tidak ada yang melihat. Nah, agar video yang Anda buat banyak dilihat oleh pengguna TikTok dan cepat trending, silakan cari waktu terbaik untuk memposting konten.

Biasanya waktu terbaik memposting konten promosi atau jualan adalah antara pukul 10 pagi sampai 1 siang, atau saat malam hari.

7. Memasang Iklan TikTok

Bisnis Online di TikTok
Memasang Iklan TikTok

Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi TikTok Ads yang bisa membuat bisnismu lebih dikenal luas. Sebelum itu, berikut ada beberapa jenis iklan di TikTok yang bisa Anda gunakan, antara lain :

  • Pre-roll Ads, ini adalah iklan video yang dimulai setelah penggunanya membuka aplikasi TikTok.
  • In-feed Ads, ini adalah iklan video yang akan muncul ketika pengguna scroll feed.
  • Promoted hashtag challenges, ini adalah video yang akan mendorong pengguna TikTok untuk menggunakan hashtag khusus.
  • Branded effects, ini adalah efek khusus yang biasanya digunakan pembuat konten di video agar mirip dengan yang ada di Instagram atau Snapchat, tetapi tetap menampilkan informasi khusus brand atau merk.
Baca Juga :   Perusahaan Raksasa Asal Malaysia Dilaporkan Belum Bayar Barang Konsinyasi

Terlepas dari hal di atas, pada dasarnya membuat video TikTok memang tak semudah seperti membuat foto yang tinggal jepret, lalu edit sebentar saja langsung jadi. Ketika Anda akan membuat video, artinya Anda harus memikirkan konten, tahap pengambilan gambar, suara atau lagu yang pas dan lain sebagainya.

Tetapi bukan berarti Anda menyerah sebelum mencoba membuat video. Apabila Anda memang memiliki kemauan belajar yang tinggi untuk membuat konten video di TikTok yang menarik, maka semuanya akan jadi lebih mudah. Pastinya yang demikian akan bisa membuat bisnismu jadi lebih trending dan banyakyang order produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Demikian informasi seputar strategi marketing bisnis online di TikTok untuk tingkatkan penjualan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: