8 Manfaat Jambu Batu dan Daunnya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu Batu – Jambu biji merupakan buah tropikal yang berasal dari neraga Amerika bagian tengah. Buahnya tersebut memiliki bentuk bulat dengan kulit berwarna hijau atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan dan membuat sehat.  Namun, tidak hanya buahnya saja, daunnya pun bisa bisa anda gunakan sebagai teh herbal karena masih mengandung sejuta manfaat yang bisa anda petik darinya.

Buah jambu batu pun sangatlah kaya akan anitoksidan, vitamin C, kalium, dan serat, sehingga menjadikannya jenis buah yang kaya akan nutrisi dan tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Dikarenakan kandungan nutrisinya tersebutlah, anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat kesehatan seperti yang sudah kami rangkumkan untuk anda di bawah ini.

  1. Mengurangi Kadar Gula Darah
8 Manfaat Jambu Batu
kadar gula darah

Sudah banyak bukti yang memperlihatkan bahwa jambu batu mampu mengontrol kadar gula darah anda secara signifikan. Tentunya ini sangatlah bermanfaat bagi anda yang tengah menderita diabetes atau sedang beresiko terkena penyakit tersebut.

Seperti misalnya dalam sebuah penelitian yang melibatkan 19 orang memperlihatkan bahwa teh daun jambu batu mampu mengurangi kadar gula darah setelah makan. Efek tersebut bahkan berlangsung hingga 2 jam lamanya.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
8 Manfaat Jambu Batu
Kesehatan jantung

Jambu batu juga mampu membantu anda meningkatkan kesehatan jantung dengan berbagai macam cara. Banyak sekali para peneliti yang percaya bahwa kadar antioksidan dan vitamin yang terdapat di dalam daun jambu batu mampu menjaga jantung anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan kalium dan serat larut yang tinggi di dalam buah jambunya pun bisa berkontribusi terhadap kesehatan jantung anda. Sementara itu, ekstrak daun jambu batu juga telah terkait dengan menurunnya tekanan darah, kolesterol jahat LDL, dan sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik HDL.

Dikarenakan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL yang tinggi telah dikaitkan dengan resiko penyakit jantung dan stroke, maka mengkonsumsi ekstrak daun jambu batu mungkin bisa membantu anda mengatasi masalah tersebut.

  1. Meredakan Rasa Sakit Akibat Menstruasi
Baca Juga :   7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda
8 Manfaat Jambu Batu
Sakit Akibat Menstruasi

Banyak sekali wanita yang mengalami dismonerea, atau rasa sakit akibat gejala dari menstruasi. Gejala ini bisa datang sebulan sekali tepat sebelum atau saat anda tengah datang bulan. Untungnya, banyak sekali bukti kuat yang memperlihatkan bahwa ekstrak daun jambu batu mampu mengurangi intensitas rasa sakit akibat kram saat menstruasi.

Untuk memanfaatkannya, cobalah anda mengkonsumsi ekstrak daun jambu batu sebanyak 6 mg per hari agar mampu mengurangi intensitas rasa sakit yang dihasilkan oleh siklus haid tersebut. Disebutkan pula bahwa daun jambu batu bahkan memiliki efek yang lebih ampuh dibandingkan dengan obat penghilang rasa sakit.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan
8 Manfaat Jambu Batu
Sakit Akibat Menstruasi

Manfaat Jambu Batu – Jambu batu merupakan sumber dari serat yang sangat menakjubkan. Dengan begitu, mengkonsumsi jambu batu tentunya dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan anda dan mencegah konstipasi.

Hanya dari satu buah jambu batu saja bisa menyediakan sebanyak 12% serat dari kebutuhan harian anda. Terlebih lagi, ekstrak daun jambu batu sangatlah baik untuk mengurangi intensitas dan durasi diare.

Hal ini karena ekstrak daun jambu batu memiliki efek anti-mikroba, artinya dapat menetralisir mikroba berbahaya di usus anda yang menjadi penyebab diare. Tetapi perlu diperhatikan juga jumlah anda mengkonsumsi jambu batu, karena terlalu banyak pun malah bisa membuat anda mengalami konstipasi dan kesulitan saat BAB.

  1. Membantu Mengurangi Berat Badan
8 Manfaat Jambu Batu
Mengurangi Berat Badan

Jambu batu juga merupakan jenis buah yang sangat baik untuk berat badan anda. Hanya dengan 37 kalori saja, anda sudah bisa mendapatkan 12% serat dari kebutuhan harian anda. Tidak hanya itu saja, buah jambu batu sangatlah mengenyangkan dan terasa memuaskan, sehingga bisa mencegah anda makan berlebih dan terkena ngidam makanan.

Baca Juga :   Tips Diet Terbaik untuk Penderita Diabetes

Kandungan vitamin dan mineral di dalam jambu batu pun patut diperhitungkan, karena selain dapat membantu anda menurunkan berat badan, jambu batu pun bisa meningkatkan kebutuhan nutrisi tubuh anda dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Memiliki Efek Anti-kanker
8 Manfaat Jambu Batu
Efek Anti-kanker

Manfaat Jambu Batu – Ekstrak daun jambu batu sudah terbukti memiliki efek anti-kanker yang sangat kuat. Bahkan dalam tes tabung dan penelitian terhadap binatang pun memperlihatkan bahwa suplemen tersebut mampu mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Hal ini karena kadar tinggi akan antioksidan ampuh yang dimilikinya, sehingga bisa mencegah radikal bebas dalam merusak sel-sel anda. Kerusakan sel-sel akibat radikal bebas tersebut merupakan penyebab utama anda terkena kanker.

Sementara itu, dalam penelitian tes tabung juga menemukan bahwa minyak daun jambu batu mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker 4 kali lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan kanker yang diresepkan oleh dokter.

Meskipun serangkaian penelitian tersebut memperlihatkan nilai positif terhadap kondisi kanker seseorang, tetapi bukan berarti ekstrak daun jambu batu bisa digunakan untuk mengobati kanker. Pengobatan kanker tetap harus dilakukan oleh para ahli kesehatan agar anda bisa sembuh secara total. Sementara ekstrak daun jambu batu bisa anda gunakan sebagai pendukung dari pengobatan tersebut saja.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
8 Manfaat Jambu Batu
Sistem Kekebalan Tubuh

Kadar vitamin C yang rendah telah terkait dengan meningkatnya resiko infeksi dan penyakit. Namun, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa jambu batu bisa menjadi sumber yang sangat naik akan vitamin C demi memenuhi kebutuhan harian anda.

Faktanya, buah jambu mengandung sekitar 2 kali lipat dari kebutuhan harian anda akan vitamin C. Bahkan kadarnya jauh lebih banyak dibandingkan anda memakan satu buah jeruk berukuran sedang. Vitamin C memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh anda agar tetap sehat. Meskipun belum terbukti secara akurat apakah mampu mengobati demam atau tidak, tetapi vitamin C dipercaya bisa mengurangi durasi dari demam itu sendiri.

Baca Juga :   Cara Memilih Makanan Sehat untuk Menu Diet

Vitamin C juga memiliki efek anti-mikroba yang sangat memukau. Artinya, jenis nutrisi ini mampu membunuh bakteri dan virus jahat yang menjadi penyebab anda terkena berbagai macam infeksi. Tetapi dikarenakan vitamin C dapat dengan mudah terbuang di dalam tubuh anda, maka anda harus mendapatkannya secara teratur setiap hari agar bisa memetik manfaat yang maksimal.

  1. Baik Untuk Kulit
8 Manfaat Jambu Batu
Baik Untuk Kulit

Manfaat Jambu Batu – Sejumlah besar kandungan vitamin dan antioksidan yang terdapat di dalam buah jambu batu sangatlah bermanfaat terhadap kesehatan kulit anda. Antioksidannya tersebut dapat menjaga kulit anda dari kerusakan, sehingga bisa memperlambat proses penuaan dan membantu mencegah keriput di kulit. Terlebih lagi, ekstrak daun jambu batu dapat membantu mengatasi jerawat jika diterapkan langsung ke kulit yang telah terinfeksi.

Termasuk juga kentang bisa membuat kulit menjadi sehat hingga menghilangkan jerawat, mungkin jika dipadukan dan digunakan secara teratur bisa membuat kulit lebih sehat : 6 kelebihan Kentang Untuk Kesehatan Wajah Anda, Bikin Awet Muda!

Dalam sebuah penelitian tes tabung menemukan bahwa ekstrak daun jambu batu sangatlah efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat, dikarenakan efek anti-mikroba dan anti-radang yang dimilikinya. Jadi tidaklah aneh jika anda selalu menemukan produk kecantikan dan perawatan kulit yang seringkali memasukkan daun jambu batu sebagai salah satu bahannya.

3 pemikiran pada “8 Manfaat Jambu Batu dan Daunnya Untuk Kesehatan Tubuh”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: