7 Resep Olahan Aci a la Jajanan SD yang Lebih Sehat dan Irit

Share Keteman & Saudara


Belakangan ini kuliner asal Jawa Barat berbahan dasar aci menjadi hits di kalangan masyarakat. Bukan tanpa alasan, makanan berbahan dasar aci juga mudah diolah menjadi berbagai macam menu masakan.

Selain itu, teksturnya yang kenyal juga membuat banyak orang menjadi tergiur dan ketagihan! Nah, untuk kamu penggemar jajanan berbahan dasar aci, berikut igogo.id telah merangkum 7 resep mudah olahan aci yang bisa dibuat di rumah.

Dijamin lebih sehat dan irit!

1. Baso aci

1. Baso aci

Instagram.com/teocafoods

Siapa sih yang nggak tahu dengan baso aci? Makanan viral 2020 ini memang nggak bisa ditolak, deh! Apalagi disantap dengan kuah hangat saat cuaca dingin.

Buat para pecinta baso aci, yuk kita bikin sendiri di rumah biar lebih higienis dan ekonomis!

Bahan baso aci:

  • 150 gr tepung tapioka
  • 150 gr tepung terigu/tepung bumbu serbaguna
  • Secukupnya daun bawang (dipotong kecil)
  • 1 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • Secukupnya merica 
  • Secukupnya garam 
  • 230 ml air mendidih
  • Topping lain sesuai selera (tahu, pilus, cireng, dan ceker)

Bahan kuah:

  • 2 siung bawang putih (dihaluskan)
  • Secukupnya lada bubuk 
  • Secukupnya garam 
  • Secukupnya gula 
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • Secukupnya air

Cara membuat baso aci:

  • Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih halus, dan potongan daun bawang.
  • Bumbui dengan 1 sdt garam, lalu aduk rata.
  • Masukkan air mendidih perlahan dan aduk adonan hingga kalis.
  • Bentuk adonan jadi bulat-bulat.
  • Siapkan air mendidih, tambahkan sedikit minyak dan garam.
  • Rebus adonan aci hingga mengapung dan mengilat.
  • Tiriskan.

Cara membuat kuah baso aci:

  • Tumis bawang putih halus dengan api kecil.
  • Masukkan air lalu aduk.
  • Masukkan lada bubuk, gula, dan garam sesuai selera.
  • Masukkan daun bawang dan kaldu bubuk.
  • Masak hingga mendidih.
  • Racik baso aci dengan topping sesuai selera.

2. Cilor

2. Cilor

Instagram.com/cilorkangasep

Selain baso aci, cilor alias aci telor juga menjadi jajanan olahan aci yang sempat viral di tahun 2020 ini. Biar makin mantap, cilor biasanya disajikan dengan bumbu bubuk aneka rasa.

Baca Juga :   7 Jenis Bau Vagina dan Kenali Penyebabnya

Nah, buat kamu yang mau bebas makan cilor sepuasnya, yuk bikin di rumah aja!

Bahan:

  • 7 sdm tepung tapioka
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 60-80 ml air
  • Secukupnya penyedap rasa 
  • Secukupnya minyak 
  • Secukupnya bon cabe atau bumbu lainnya

Cara membuat:

  • Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu, aduk rata.
  • Masak air hingga mendidih, masukkan penyedap rasa sesuai selera.
  • Campurkan tepung dengan air mendidih, lalu aduk hingga kalis.
  • Ambil adonan dan bentuk memanjang, lalu potong kecil-kecil.
  • Rebus adonan di air mendidih, tambahkan minyak dan garam sedikit.
  • Masak hingga mengapung, lalu tiriskan.
  • Panaskan minyak secukupnya, masukkan aci dan telur orak-arik.
  • Beri penyedap rasa atau bon cabe sesuai selera.
  • Cilor siap dihidangkan.

Editors’ Picks

3. Cimol

3. Cimol

Instagram.com/ratu.cimol1

Rindu sama jajanan SD? Buat cimol di rumah aja, yuk! Yap, cimol alias ‘aci digemol’ memang hampir tak pernah absen dari jajanan a la SD.

Jajanan yang satu ini biasanya disajikan dengan bumbu bubuk yang bikin nagih. Yuk, langsung bikin!

Bahan:

  • 120 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung terigu
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 100-120 ml air mendidih
  • Secukupnya bubuk cabai penyedap rasa/mayones/saus

Cara membuat:

  • Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, dan kaldu bubuk lalu aduk merata.
  • Masak air hingga mendidih.
  • Campurkan air yang masih panas dengan tepung.
  • Aduk adonan hingga kalis.
  • Bentuk adonan menjadi bulat-bulat sesuai selera.
  • Siapkan minyak di wajan dan masukkan adonan cimol, lalu nyalakan kompor.
  • Goreng dengan api kecil hingga matang.
  • Angkat, tiriskan, dan sajikan dengan bumbu sesukamu.

4. Cilung

4. Cilung

Instagram.com/foodnotestories

Cilung atau aci gulung juga merupakan jajanan olahan aci yang banyak digemari. Biasanya, cilung disajikan dengan serundeng atau saus dan bumbu bubuk.

Baca Juga :   Secara Tak Sengaja Pria Ini Mendapat Tiga Dosis Vaksin Covid-19, Kok Bisa?

Cara makannya yang unik menggunakan tusuk satai pun membuatnya semakin nikmat!

Bahan:

  • 7 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 siung bawang putih (dihaluskan)
  • Secukupnya garam 
  • Secukupnya merica 
  • Secukupnya kaldu bubuk 
  • Secukupnya mentega
  • Secukupnya air 
  • Secukupnya tusuk satai

Cara membuat:

  • Campur tepung tapioka dan bawang putih halus, aduk merata.
  • Tambahkan garam, merica, dan kaldu bubuk sesuai selera.
  • Masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan cukup cair.
  • Panaskan wajan anti lengket, lelehkan mentega atau margarin secukupnya.
  • Kocok telur dan tuang sebagian di wajan.
  • Tuang adonan tapioka 1 sendok sayur, putar-putar wajan agar adonan merata dan tak menggumpal.
  • Jika sudah kering, tusuk sisi ujungnya dengan tusuk sate, lalu gulung.

5. Cilok

5. Cilok

Instagram.com/dapurkuliner_id

Selain cimol, cilok atau ‘aci dicolok’ juga menjadi jajanan SD yang wajib dibuat di rumah. Disantap dengan bumbu kacang, jajanan khas satu ini nggak pernah gagal bikin ketagihan.

Cara membuatnya ternyata mudah, lho!

Bahan cilok:

  • 250 gr tepung tapioka
  • 100 gr tepung terigu
  • 4 siung bawang putih (dihaluskan)
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya merica 
  • Secukupnya gula 
  • Secukupnya air panas
  • 2 batang daun bawang
  • 200 gr daging sapi giling atau sosis

Bahan bumbu kacang:

  • 50 gr kacang tanah goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keriting
  • Secukupnya garam 
  • Secukupnya gula merah 

Cara membuat cilok:

  • Campurkan tepung terigu, garam, merica, dan gula dengan air panas.
  • Masukkan tepung tapioka dan daun bawang, aduk hingga rata dan kalis.
  • Bentuk adonan menjadi bulat (tambahkan isian sesuai selera).
  • Panaskan air, tambahkan sedikit garam dan minyak.
  • Rebus adonan cilok dengan air mendidih.
  • Diamkan hingga mengapung dan tampak mengilat.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Cara membuat bumbu kacang:
  • Haluskan kacang tanah, gula merah, bawang putih, dan cabai.
  • Tambahkan garam secukupnya.
  • Masak hingga mengental.
  • Sajikan bersama cilok.
Baca Juga :   4 Langkah Singkat Cara Beli Saham untuk Pemula

6. Cireng

6. Cireng

Instagram.com/williamphen

Cireng alias ‘aci digoreng’ ini asyik banget dijadikan camilan di sore hari, ditambah bumbu rujak pun semakin sedap. Nggak usah beli, cara bikinnya mudah banget, kok!

Bahan:

  • 120 gr tepung tapioka
  • 2-3 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 150 ml air
  • Secukupnya minyak 

Cara membuat:

  • Ulek bawang putih hingga halus, tambahkan garam dan penyedap rasa.
  • Tuang air ke panci, masukkan bawang putih halus, dan 2 sdm tepung tapioka (kompor masih mati).
  • Aduk hingga merata dan tak menggumpal.
  • Nyalakan kompor dengan api kecil lalu terus mengaduk.
  • Jika adonan sudah memadat dan lengket, angkat.
  • Siapkan tepung tapioka yang masih kering di mangkuk, lalu campurkan dengan adonan tadi.
  • Aduk hingga rata selagi panas.
  • Ambil adonan dengan bentuk dan ukuran sesuai selera lalu pipihkan.
  • Panaskan minyak, goreng aci hingga matang.
  • Angkat dan siap disajikan.

7. Tahu aci

7. Tahu aci

Instagram.com/nezaskia

Resep olahan aci terakhir adalah tahu aci atau disebut juga aci tofu. Rasanya gurih dan renyah, pokoknya asyik untuk dijadikan camilan di rumah.

Cara masaknya pun mudah dan nggak repot, lho!

Bahan:

  • 3 sdm tepung tapioka
  • 2 sdm tepung terigu
  • 8 buah tahu kuning
  • Secukupnya garam dan merica 
  • 2 sdt penyedap rasa
  • 3 batang bawang daun (iris)
  • 2 sdm air

Cara membuat tahu aci:

  • Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, dan bawang daun.
  • Tambahkan garam, lada, dan penyedap rasa sesuai selera.
  • Masukkan air, aduk hingga merata.
  • Potong tahu jadi bentuk segitiga, iris bagian tengahnya dan isi adonan.
  • Goreng hingga matang.

Nah, itulah ketujuh olahan aci a la jajanan SD yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Dijamin lebih higienis dan ekonomis. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca juga:

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: