7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda

Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata, Mata merupakan salah satu panca indera anda yang sangat kompleks dan membutuhkan berbagai macam jenis vitamin serta mineral agar tetap berfungsi dengan baik. Terdapat beberapa macam masalah terkait mata yang harus anda hindari, seperti retinopati diabetes, degenerasi makula terkait usia (AMD), glaukoma, dan katarak.

Semua gangguan tersebut dapat merusak mata anda hingga berhenti berfungsi atau kebutaan. Meskipun banyak sekali faktor yang mempengaruhi seseorang terkena gangguan dan penyakit mata, tetapi efeknya tersebut pun bisa disebabkan oleh akibat kekurangan nutrisi tertentu.

Jadi, demi terhindar dari gangguan mata yang mengerikan, ada baiknya anda untuk mulai rajin mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang baik untuk mata anda, terlebih jika saat ini anda tengah menderita salah satu penyakit mata yang membuat anda merasa resah dan terganggu.

Adapun beberapa jenis nutrisi yang harus anda dapatkan demi meningkatkan kesehatan mata anda sudah kami paparkan di bawah ini secara lengkap.

  1. Vitamin A
7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda
Wortel salah satu penghasil vitamin A

Vitamin A memainkan peran penting terhadap fungsi penglihatan anda dengan cara menjaga agar kornea tetap bersih. Kornea sendiri merupakan lapisan penutup luar dari mata anda.

Vitamin ini juga merupakan komponen dari rhodopsin, yaitu protein di mata anda yang memungkinkan anda melihat di ruangan dengan sedikit pencahayaan.

Berbeda dengan negara maju, kekurangan vitamin A seringkali terjadi di beberapa negara berkembang. Jika tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan kondisi serius yang disebut sebagai xerophthalmia.

Xerophthalmia sendiri merupakan sejenis penyakit mata progresif yang dimulai dengan kebutaan malam, rabun senja, atau buta ayam. Jika kekurangan vitamin A terus berlanjut, maka saluran air mata dan mata anda pun akan mengering. Akhirnya, kornea anda pun akan melunak dan mengakibatkan kebutaan yang tidak dapat disembuhkan.

Vitamin A juga bisa membantu anda melindungi dari berbagai macam masalah terkait mata lainnya. Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa diet tinggi akan vitamin A telah dikaitkan dengan penurunan resiko katarak dan degenerasi makula terkait usia (AMD).

Baca Juga :   8 Manfaat Jambu Batu dan Daunnya Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk kesehatan mata secara keseluruhan, mendapatkan vitamin A dari makanan lebih disarankan daripada melalui suplemen. ubi manis merupakan sumber yang sangat baik, bersama dengan sayuran berdaun hijau, labu, dan paprika.

  1. Vitamin E
7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda
Vitamin E

Kebanyakan kondisi mata dipercaya telah terkait dengan stres oksidasi, atau sebuah kondisi dimana terdapat ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas di dalam tubuh anda.

Vitamin E sendiri merupakan jenis antioksidan kuat yang dapat membantu menjaga sel-sel anda (termasuk sel mata) dari kerusakan akibat molekul tak stabil yang disebut sebagai radikal bebas yang sangat berbahaya.

Dalam sebuah penelitian selama 7 tahun terhadap lebih dari 3 ribu penderita AMD yang mengkonsumsi 400 IU vitamin E bersama asupan suplemen harian yang disebut AREDS, memperlihatkan bahwa resiko perkembangan penyakit tersebut mampu menurun hingga 25%.

Jadi, asupan pola makan yang kaya akan vitamin E sangatlah diperlukan untuk menjaga agar mata anda tetap sehat. Beberapa pilihan makanan yang direkomendasikan diantaranya kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Selain itu, salmon, alpukat, dan sayuran berdaun hijau juga merupakan sumber yang sangat baik untuk didapatkan.

  1. Vitamin C
7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda
Vitamin C

Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata, Seperti halnya vitamin E, vitamin C juga termasuk antioksidan ampuh yang mampu menjaga mata anda terhadap radikal bebas. Faktanya, vitamin C bersama dengan jenis nutrisi lainnya digunakan untuk pembuatan suplemen AREDS, yang mana menjadi obat ampuh bagi para penderita AMD.

Vitamin C dibutuhkan tubuh anda untuk menciptakan kolagen, yaitu sejenis protein yang menyediakan struktur terhadap mata anda, terutama untuk kornea dan sklera.

Faktanya, beberapa penelitian observasional memperlihatkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi resiko anda mengembangkan katarak, atau sebuah kondisi yang menyebabkan mata anda menjadi berkabut dan mengganggu penglihatan.

Baca Juga :   9 Cara Mudah Menjadi Sehat

Buah citrus dan buah tropis, paprika, brokoli, dan kale mengandung sejumlah vitamin C yang sangat memukau, sehingga membuat mereka menjadi salah satu pilihan terbaik bagi anda untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C anda.

  1. Vitamin B6, B9, dan B12
7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda
Vitamin B6, B9, dan B12

Para peneliti juga telah mempelajari berbagai macam jenis vitamin B terhadap kesehatan mata anda, termasuk B6, B9, dan B12. Kombinasi dari ketiga jenis vitamin ini dapat mengurangi kadar homosistein, yaitu sejenis protein dalam tubuh yang telah terkait dengan peradangan dan meningkatkan resiko perkembangan AMD.

Dalam sebuah penelitian terhadap wanita memperlihatkan penurunan resiko perkembangan AMD sebanyak 34% ketika mereka mengkonsumsi 1000 mcg vitamin B12 bersama dengan vitamin B6 dan B9.

  1. Riboflavin
7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda
riboflavin (vitamin B2)

Jenis vitamin B lainnya yang telah dipelajari dan memiliki hubungan dengan kesehatan mata anda adalah riboflavin (vitamin B2). Sebagai bagian dari antioksidan, riboflavin memiliki potensi dalam mengurangi stres oksidasi di dalam tubuh anda, termasuk mata anda.

Secara khusus, para peneliti tersebut mempelajari manfaat riboflavin dalam mencegah katarak, sementara kekurangan riboflavin dalam jangka panjang bisa mengarah terhadap kondisi tersebut. Menariknya, kebanyakan penderita katarak cenderung mengalami kekurangan antioksidan riboflavin di dalam tubuhnya.

Para ahli kesehatan pun merekomendasikan kita agar selalu mengkonsumsi riboflavin sebanyak 1,1-1,3 mg per harinya. Jumlah ini tentunya sangat mudah untuk dicapai karena anda bisa menemukan berbagai macam makanan sebagai sumber dari riboflavin yang memukau. Beberapa diantaranya adalah oats, susu, yogurt, daging sapi, dan sereal yang diperkaya dengan vitamin tersebut.

  1. Niasin
7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda
mengkonversi makanan menjadi energi

Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata, Fungsi utama niasin (vitamin B3) di dalam tubuh anda adalah untuk mengkonversi makanan menjadi energi, tetapi tidak banyak orang yang tahu bahwa niasin pun merupakan bagian dari antioksidan.

Baru-baru ini, banyak penelitian telah memperlihatkan bahwa niasin juga memainkan peran penting terhadap pencegahan glaukoma, yaitu sebuah kondisi dimana saraf optik mata anda menjadi rusak.

Baca Juga :   6 kelebihan Kentang Untuk Kesehatan Wajah Anda, Bikin Awet Muda!

Namun, penggunaan suplemen niasin harus dikonsumsi dengan sangat hati-hati. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi atau lebih dari 1,5-5 gram per hari, maka niasin bisa memberikan efek merugikan terhadap mata anda, termasuk penglihatan kabur, kerusakan makula, dan radang kornea.

Berbeda dengan niasin yang dikonsumsi dari makanan, belum terdapat bukti bahwa nutrisi ini bisa membuat seseorang mengalami efek negatif tersebut. Jadi, akan lebih aman jika anda mengkonsumsi niasin dari makanan saja. Beberapa sumber terbaik dari niasin diantaranya daging sapi, unggas, ikan, jamur, kacang tanah, dan polong-polongan.

  1. Lutein dan Zeaxanthin
7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda
bagian dari keluarga karotenoid

Lutein dan zeaxanthin merupakan bagian dari keluarga karotenoid, atau sekelompok dari senyawa menguntungkan tersintesis oleh tumbuhan. Kedua jenis karotenoid tersebut bisa ditemukan di dalam makula dan retina mata anda, dan membantu menjaga anda dari paparan sinar biru berbahaya serta dari kerusakan.

Dalam sebuah penelitian terkontrol menemukan bahwa lutein sangatlah bermanfaat terhadap para penderita katarak. Mereka yang mengkonsumsi suplemen lutein sebanyak 15 mg 3 kali per minggu selama 2 tahun cenderung mampu memperbaiki penglihatan mereka menjadi lebih baik.

Tidak ada rekomendasi harian untuk suplemen dari kedua jenis nutrisi ini. Tetapi 20 mg lutein per hari selama 6 minggu telah dipelajari dan tidak memperlihatkan efek merugikan terhadap tubuh seseorang.

Lagi-lagi, asupan lutein dan zeaxanthin dari makanan lebih disarankan. Beberapa sumber terbaik yang mudah untuk ditemukan diantaranya bayam, kale, dan sawi hijau.

Selain menjaga kesehatan mata, silahkan baca 8 Manfaat Jambu Batu dan Daunnya Untuk Kesehatan Tubuh agar hidup lebih sehat dan sempurna

Satu pemikiran pada “7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: