10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha

Bagaimana Cara Mencari Modal Usaha ?

Saat ingin membangun usaha sendiri, yang terpikir diawal adalah bagaimana cara Anda mendapatkan modal usaha yang pas? Modal memang salah satu faktor penting dalam menjalankan usaha sendiri. Tanpa modal itu sepertinya rencana membuka usaha tapi akan tinggal mimpi terus sepertinya dan pastinya sulit untuk di capai.

Kecil besarnya modal tergantung apa usaha yang akan mulai dibangun. contohnya usaha yang akan dibangun misalnya toko kelontong, maka modal akan lebih besar bila membuka sebuah usaha jual pulsa. Begitupun modal untuk usaha katering, pasti akan lebih banyak butuh modal dibanding modal membuka usaha penerbitan.

Perlu diingat, mencari modal membuka usaha tidak sesulit seperti beberapa tahun lalu, dengan cara konvensional seperti bank. Sekarang banyak cara untuk mendapatkan modal usaha pada orang yang lebih kreatif. Tidak percaya? Silakan periksa sepuluh cara mudah dapat modal untuk bisnis Anda:

1. Pinjam dari bank dengan jaminan

10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha
Pinjaman bank Dengan jaminan

Bank yang paling sering menjadi sasaran mereka yang membutuhkan modal usaha. Ada program pinjaman bank disebut Kredit Multi Guna (KMG) di mana Anda memberikan beberapa jaminan, seperti real estate atau kendaraan bermotor ke bank. Bunga yang ditawarkan antara 9-12 persen dengan kandungan antara lima dan 20 tahun, tergantung pada jumlah pinjaman dibawa keluar.

2. Pinjam dari bank tanpa agunan

10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha
Kredit Tanpa Anggunan

Selanjutnya untuk Mencari Modal Usaha, anda juga dapat meminjam uang dari bank dengan menggunakan fasilitas KTA (Kredit Tanpa Anggunan). Pinjaman ini sangat favorit bagi mencari modal untuk mendapatkan lebih banyak uang bahkan tanpa memberikan jaminan apapun. Bunganya lebih besar dari itu antara 10-23 persen KMG! Dianjurkan untuk mengambil sepotong tenor yang lebih pendek.

Baca Juga :   Tips Memilih Bank Untuk KPR

3. Menggunakan Tabungan Sendiri

10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha
Modal dari Tabungan Sendiri

Anda tidak perlu pinjam uang di bank karena ia merasa bunga yang terlalu tinggi? Anda dapat menggunakan tabungan untuk digunakan sebagai modal kerja. Metode ini jauh lebih aman karena tidak ada resiko utang dimasa depan anda.

4. Penjualan aset

10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha
Jual Aset Pribadi

Jika Anda memiliki aset seperti properti, kendaraan bermotor / mobil, emas atau investasi lain yang menguntungkan, mengapa tidak menjual untuk digunakan sebagai modal kerja/usaha? Jika bisnis Anda berhasil, Anda dapat membeli aset yang dijual sebelumnya dengan lebih baik dan lebih bagus tentunya.

5. Aset gadai

10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha
Gadai Aset

Mencintai aset anda? Nah mengapa tidak menggadaikan kepada para pemberi pinjaman lembaga gadai? Metode ini meliputi menguntungkan karena Anda masih mendapatkan modal usaha, sementara aset tetap utuh. Tapi jangan lupa untuk tetap menyicil hutang gadai, jika tidak properti akan disita oleh counter perusahaan gadai.

6. Pinjam dari teman atau saudara

10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha
Pinjaman Dari Kerabat Dekat

Cara lain Mencari Modal Usaha adalah dengan mencoba untuk mendapatkan pinjaman pada orang-orang yang dekat dengan Anda, misalnya untuk teman-teman, kerabat, mertua, sepupu dan lain-lain. Pinjaman dari mereka mungkin tidak sebanyak yang Anda meminjam dari bank, tapi itu biasanya tanpa bunga. jika sudah mendapatkan modal cukup 500rb – 1jt anda bisa baca 10 Ide Bisnis dengan Modal Rp 500 Ribu

7. Mengikuti pelatihan

10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha
Ikut Pelatihan

Alternatif lain adalah untuk mendapatkan organisasi pemberdayaan ekonomi modal yang disalurkan. Lembaga-lembaga ini sering melakukan pelatihan, pelatihan atau workshop yang bisa Anda ikuti. Umumnya, setelah pelatihan, akan ada informasi tentang akses ke modal risiko. misalnya organisasi lembaga pelatihan, organisasi kerja ILO PBB atau penyaluran kredit lembaga (KUR)

8. Join Venture

10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha
Join venture

Anda dapat mengundang teman-teman atau kerabat untuk membuka usaha patungan. modal ventura bersama di bisnis ini juga akan menguntungkan karena modal dan tenaga kerja akan dibagi sama rata, termasuk membagi kerugian. Tetapi membuat perjanjian tertulis pada distribusi pendapatan antara Anda dan pasangan Anda untuk konflik menghindari di masa yang akan datang.

Baca Juga :   Trik Cara Mudah Dapat Pinjam 10 juta KUR BRI - 2 Hari Cair

9. Modal dari konsumen anda

10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha
Modal Dari Konsumen

Ada juga cara untuk mendapatkan modal untuk dari calon client. Sangat bisa. Anda dapat meminta layanan uang muka terlebih dahulu untuk pelanggan potensial, seperti 30 persen. Uang muka yang bisa digunakan sebagai modal, hingga pekerjaan selesai dan menerima pembayaran penuh. Hal ini sering dilakukan dalam bisnis restorasi, jasa website atau bisnis laundry.

10. Pinjaman dari website crowdfunding 

10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha
Dapatkan modal usaha dari crowdfunding

Cara terakhir adalah tren modal bisnis mencari sponsorship sebab sudah banyak situs web yang mendukung teknologi internet canggih. Nama biaya crowdfunding. Program ini masih relatif baru di Indonesia, tetapi cukup lama dikenal di luar negeri. Apakah Anda menawarkan setiap jenis bisnis yang ingin Anda lakukan melalui situs crowdfunding dan pengunjung yang tertarik dapat menjadi sponsor yang menyumbangkan uang. Sebaliknya, Anda dapat memberikan biaya dalam bentuk reward, menurut peraturan.

Satu pemikiran pada “10 Cara paling Mudah Mencari Modal Usaha”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: